Wednesday, 22 Jan 2020
Temukan Kami di :
News

Layanan Kartu Sehat Bekasi Akan Dihentikan

Indah Pratiwi - 07/12/2019 17:07

Beritacenter.COM - Surat Peraturan Kementerian Dalam Negeri No 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD 2020, layanan kesehatan daerah di Kota Bekasi diberhentikan yang akan terhitung per 1 Januari 2020.

Layanan Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) itu pun tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Bekasi nomor 440/8894/Dinkes yang terbit pada 29 November 2019.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan, pihaknya menghentikan layanan lantaran tidak diperkenankan mengelola sendiri jaminan kesehatan daerah dengan manfaat yang sama dengan Jamkesnas.

“Saran dari Korsupgah (Koordinator Supervisi dan Pencegahan) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) wilayah Jawa Barat nanti akan terjadi ada biaya ganda, makanya kita cari di luar itu,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Sabtu(7/12/2019).

Sebelum ada kepastian hukum, kata dia, layanan KS untuk sementara diberhentikan. Pemerintah sedang merumuskan kebijakan pelayanan yang sifatnya komplementer tidak tumpang tindih dengan program JKN yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Tidak diambil juga dari yang mandiri, kalau tiba-tiba ada yang diberhentikan dari satu perusahaan umpamanya baru boleh ikut serta.”




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA