Monday, 03 Aug 2020
Temukan Kami di :
Opini

Hal Yang Bisa Menyelamatkan Siksa Kubur

Indah Pratiwi - 06/12/2019 22:12

Beritacenter.COM - Alam kubur akan dialami oleh umat manusia sebagai jembatan penghubung antara dunia dan akhirat. Mereka yang berada di alam kubur(Barzah) akan berpindah ke alam akhirat setelah hari kebangkitan.

Namun, celakanya tidak ada satupun orang yang mengetahui kapan ajal menjemput. Dan tidak ada yang mengetahui melainkan Allah SWT yang mengetahui mana saja orang yang mendapatkan kenikmatan dan fitnah dan siksa kubur.

Menurut Ibnu Qayyim ada beberapa amalan yang bisa menghindarkan seseorang dari fitnah dan siksa kubur. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Miqdam bin Ma'fi Yakrib, Nabi Muhammad bersabda bahwa salah satu istimewa orang mati syahid adalah akan dilindungi dari siksa kubur.

Selain itu, hadits Nabi lain menyebutkan dengan membaca surat QS Al-Mulk ialah pencegah dan penyelematan dari siksa kubur. Oleh karenanya, membaca surat QS Al-Mulk maka dia akan selamat dari siksa kubur bila dibacakan setiap sebelum tidur. Namun, Imam Tirmidzi menilai, hadits dari Ibnu Abbas tersebut hasan gharib yang artinya tingkatan berada di pertegahan antara shahih dan dhaif.

Menurut Syekh Sa'id bin Muhammad Ba'asyin dalam Busyral Karim menerangkan seorang muslim yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 40 kali menjelang kematiannya maka akan terhindar dari himpitan dan siksa kubur. Dan malaikat akan membawanya untuk menyeberangi jembatan hingga menuju surga.

Allah SWT Berfirman:
“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya.” (QS. Al-Zalzalah: 7-8)

 

Wallahu A'lam Bishawab

 

 




Berita Lainnya

Menguatkan Regulasi Pembinaan Pancasila

03/08/2020 11:20 - Indah Pratiwi Budi

Penyebaran Radikalisme Meresahkan

03/08/2020 07:55 - Indah Pratiwi Budi

DJOKO TJANDRA, BURONAN ERA SBY DITANGKAP DI ERA JOKOWI

01/08/2020 11:15 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA