Wednesday, 22 Jan 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Kini Jadi Kabareskrim, Berikut Profil Irjen Listyo Sigit

Lukman Salasi - 06/12/2019 13:12

BeritaCenter.COM – Kapolri Jenderal Idham Azis resmi menunjuk Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim yang baru. Hal ini dipastikan berdasarkan telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019).

Merunut dari tahun 2011, Listyo Sigit pernah menjabat sebagai Kapolres Solo. Dia menyandang pangkat Komisaris Besar Polisi saat itu. Listyo Sigit saat menjabat Kapolres Solo pernah menangani kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah.

Pada tahun 2014, Listyo dipercaya menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu memerintah bersama dengan Jusuf Kalla. Kombes Listyo Sigit mulai bertugas menjadi ajudan Jokowi dari kalangan polisi pada Senin (27/10/2014).

Dua tahun berselang, Listyo Sigit kembali mendapat promosi. Dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi, Listyo Sigit dipercaya menduduki posisi Kapolda Banten. Sebagai Kapolda Banten, Listyo Sigit sempat mengamankan Pilgub Banten 2017 dan Pilkada serentak 2018. Listyo Sigit bertugas sekitar 2 tahunan sebagai Kapolda Banten.

Pada 2018, Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu anggota yang mendapatkan promosi jabatan di lingkungan Polri. Dia diangkat menjadi Kadiv Propam menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang ditugaskan sebagai Kapolda Papua. Dia juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal Polisi.

Kini, Irjen Listyo Sigit dipercaya menjadi Kabareskrim yang baru. Posisi Kabareskrim sebelumnya dijabat Idham Azis yang kini diangkat Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Tito sebelumnya ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Dalam Negeri.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA