Wednesday, 26 Feb 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Dukung Penangkapan Jafar Shodiq, Muhammadiyah: Mubalig Seharusnya Tak Menghujat

Lukman Salasi - 06/12/2019 10:35

BeritaCenter.COM – Habib Jafar Shodiq ditangkap aparat kepolisian karena dugaan menghina Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan sebutan babi. Pimpinan Pusat(PP) Muhammadiyah meminta para dai dan mubalig tak menggunakan metode ceramah menghujat atau menyerang.

"Islam mengajarkan agar dalam kehidupan sehari-hari, terutama kalau berdakwah, harus menggunakan kata-kata yang mulia dan disampaikan dengan penuh kesantunan dan hormat. Para dai dan mubalig sudah seharusnya meninggalkan metode dan materi dakwah yang menghujat atau menyerang pihak lain," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Abdul menilai tindakan polisi memproses hukum Jafar udah tepat jika dilengkapi bukti-bukti kuat. Abdul juga setuju jika tindakan Jafar dikategorikan sebagai perbuatan pidana.

"Apabila memang ada bukti-bukti yang kuat, secara hukum tindakan polisi sudah tepat. Mengatakan seseorang dengan sebutan binatang dapat dikategorikan sebagai perbuatan kriminal. Dalam konteks dakwah Islam, mengatakan seseorang dengan laqab binatang juga sangat tidak sesuai," ujar Abdul.

Abdul berpendapat tindakan polisi terhadap Jafar bukan kriminalisasi. Menurutnya, semua warga negara berkedudukan sama di mata hukum tanpa melihat status sosialnya.

"Di dalam negara hukum, semua warga negara memiliki kedudukan yang sama, semua harus mematuhi hukum. Jadi siapapun yang melanggar harus ditindak sesuai hukum. Tindakan polisi bukan kriminalisasi," ucap dia

Polri juga dengan tegas membantah tudingan telah melakukan kriminalisasi terhadap Habib Jafar Shodiq. Porli menegaskan penangkapan Jafar Shodiq dilakukan secara profesional.

"Semua dilakukan secara profesional, tidak ada kriminalisasi ulama," tegas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono, Kamis (5/12/2019) malam.

Argo menyebut polisi mengantongi cukup alat bukti berupa keterangan saksi dan video ceramah untuk menersangkakan Jafar Shodiq.

"Minimal dua alat bukti (untuk menersangkakan). (Alat bukti) Laporan, keterangan saksi, video ceramah," ujar Argo.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA