Thursday, 01 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Tantangan PDIP Soal Jalur Sepeda: Jakarta Panas, Tapi Optimis Jika Anies Bersepeda Setiap Hari

Tapi saya akan optimis kalau Pak Gubernur setiap hari naik sepeda. Dengan begitu orang akan berpikir bahwa akupun juga mau kalau Pak Gubernur naik sepeda

Aisyah Isyana - 06/12/2019 07:29

Beritacenter.COM - Pemprov DKI Jakarta tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan jalur sepeda. Bahkan, Gubernur Anies Baswedan menargetkan 63 km jalur sepeda akan rampung tahun ini. Kendati begitu, fraksi PDIP DPRD DKI psimis dengan efektivitas jalur sepeda dapat mengurangi macet dan polusi.

Jika mengingat cuaca Jakarta yang panas, rasanya tak mungkin membuat masyarakat nyaman bersepeda. Meski begitu, PDIP mengaku optimis jika hal itu di praktekkan langsung oleh Anies. Dimana PDIP menantang Anies untuk bersepeda setiap hari.

Baca juga :

"Jakarta kan panas, beda dengan Belanda yang cuacanya dingin, bersepeda enak buat menghangatkan badan, menjadi sehat. Kalau Jakarta, tidak mungkin rasanya, saya sangat pesimis soal jalur sepeda," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Jika Gubernur Anies mempraktekkan langsung dan memberikan teladam kepada jajarannya dan warga Jakarta untuk bersepeda ke Balai Kota Jakarta setiap hari, Gembong mengaku baru akan optimis soal jalur sepeda tersebut.

"Tapi saya akan optimis kalau Pak Gubernur setiap hari naik sepeda. Dengan begitu orang akan berpikir bahwa akupun juga mau kalau Pak Gubernur naik sepeda," kata Gembong.

Meski Anies kerap kali memamerkan momen saat bersepeda, Gembong mengaku tak terlalu yakin dengan itu. "Itu kan cuma ecek-ecek naik sepedanya. Sekarang bukan eranya pencitraan, sekarang eranya mewujudkan janji politik supaya Jakarta menjadi lebih baik," jelasnya.

Menurutnya, jalur sepeda tetap pada prioritas terakhir dalam pembangunan jalanan Jakarta. Gembing menilai, hal yang terpenting saat ini yakni, pembangunan transportasi masal yang terintegrasi, pembangunan jalur pejalan kaki, baru terakhir jalur sepeda.

"Kalau hari ini sudah bicara trotoar untuk pejalan kaki tapi angkutan umum belum tersedia dengan baik, yang mau jalan kaki siapa? Trotoarisasi berdampak penyempitan jalan, penyempitan jalan akan menimbulkan kemacetan," kritiknya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA