Monday, 27 Jan 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Keren, Orang Ini Bisa Olah Limbah Cair Jadi Air Bersih

Indah Pratiwi - 06/12/2019 06:20

Beritacenter.COM - Seorang asal Karawang membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Wetland-Biocord dengan menjadikan limbah cair rumah tangga menjadi air bersih.

IPAL Wetland-Biocord ini mampu mengolah air limbah dapur, mandi dan cuci warga Perumnas Bumi Teluk Jambe yang selama ini dibuang ke Sungai Cidadap yang bermuara ke Sungai Citarum untuk kemudian diolah kembali menjadi air bersih.

"Prinsip kerjanya adalah menggunakan Serat sintetis (biocord) sebagai media tempat tinggal mikroba, yang membantu menguraikan partikel pencemaran yang terkandung dalam air limbah domestik sehingga berubah fisik menjadi lebih baik dan menjadi bahan baku air bersih," kata Ketua Komunitas Swadaya Masyarakat, Hendro, Kamis (5/12).

Cara Wetland biocord merupakan salah satu metode pengurangan beban pencemaran limbah cair domestik yang didukung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Peran serta masyarakat sebagai ujung tombak dalam peningkatan kualitas air sungai sangat penting perannya dalam pengelolaan, pemanfaatan, pengembangan, dan dalam menjamin keberlanjutan fungsi Ekoriparian," terangnya.

 



Berita Lainnya

Teknologi AI Bisa Deteksi Dini Kanker Serviks

23/01/2020 09:09 - Indah Pratiwi

Bocoran Spesifikasi Oppo Find X2

22/01/2020 12:22 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA