Wednesday, 30 Sep 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Awas, Malware Ransomware Baru Ditemukan Paling Ganas

Indah Pratiwi - 05/12/2019 06:20

Beritacenter.COM - Antivirus terkemuka Kaspersky menemukan malware terbaru dari keluarga Ransomware dimana pada program tersebut tereknskripsi paling canggih dan menggunakan metode kunci tanpa unik.

Mereka yang terjebak dengan ransomware ini akan mengalami terkunci dan biasanya mereka meminta tembusan untuk membyara agar bisa mengakses data kembali menuju file.

Hasil dari temuan lab, mereka yang terinfeksi ransomware melalui email atau exploit-kit yang ditanam pada situs web jenis baru serangan pada perangkat NAS ini menggunakan vektor yang berbeda.

Operator Ransomware akan memindai rentang alamat IP untuk mencari perangkat NAS yang dapat diakses melalui web.

Walau web antarmuka yang terlindung dengan otentikasi yang dapat diakses, beberapa perangkat memiliki perangkat lunak terintegrasi dengan kerentanan di dalamnya, sehingga para pelaku kejahatan siber dapat menginstal Trojan menggunakan exploit, yang kemudian akan mengenkripsi semua data pada perangkat yang terhubung ke dalam basis NAS.

“Sebelumnya, enkripsi ransomware yang menargetkan NAS hampir sangat sulit dibuktikan secara umum, namun pada tahun ini saja kami telah mendeteksi sejumlah keluarga ransomware terbaru yang hanya berfokus pada NAS," kata Peneliti Keamanan di Kaspersky Fedor Sinitsyn dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Kaspersky Indonesia telah menemukan ransomware Q3 2019 yang telah menginfeksi 2,26 persen pengguna. Jumlah ini tentunya menempatkan Indonesia berada di peringkat ke-23 secara global sebagai ancaman ransomware.

Akan tetapi, masih banyak virus dan malware yang berbahaya diantaranya keluarga Trojan WannaCry bertahan di tempat pertama di antara Trojan paling populer, dengan lebih dari seperlima pengguna yang diserang telah menjadi target oleh malware yang teridentifikasi sebagai bagian dari salah satu kelompok ini.

Selain itu, serangan cryptors kepada hampir separuh pengguna adalah Trojan-Ransom.Win32.Wanna (20,96% pengguna terserang), Trojan-Ransom.Win32.Phny (20,01%) dan Trojan Ransom.Win32.GandCrypt (8,58%).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA