Tuesday, 28 Jan 2020
Temukan Kami di :
Entertainment

Resmi Bercerai, Begini Cara Mengikhlaskan Perceraian Versi Ustadz Somad

Indah Pratiwi - 05/12/2019 00:07

Beritacenter.COM - Ustaz Abdul Somad telah resmi bercerai dengan istrinya, Mellya Juniarti. Status perceraian tersebut resmi sesuai dengan surat yang dikeluarkan Pengadilan Agama Bangkinang Kota, Kampar, Riau.

Kuasa hukum UAS, Hasan Basri menyebutkan ia membenarkan mengenai kabar telah dikeluarkannya surat dari pengadilan agama. Isinya, mengabulkan permohonan cerai oleh Ustaz Abdul Somad terhadap istrinya.

Berita Terkait: Diam-diam, Ustadz Abdul Somad Gugat Cerai Istrinya

UAS dalam sapanya sering berdakwah soal perceraian. Dalam sebuah ceramahnya, ia menjelaskan pertanyaan yang diajukan jemaah, tentang bagaimana mengikhlaskan perceraian agar tidak mengalami depresi atau stress.

Pada akun YouTube Ceramah Pendek UAS, ia menjelaskan bahwa ada lima tahapan yang baiknya terlebih dahulu ditempuh sebelum melakukan cerai suami-istri.

"Jadi, bukan asal-asal. Banyak laki-laki yang asal-usulnya marah, balik ke rumah mengamuk, padahal yang salah di kantor, di kantor ditekan atasan, di jalan ditilang polisi, sampai ke rumah yang kena bini," ungkapnya dalam video yang dikutip pada Rabu(4/12/2019).

Pertama, apabila istri tidak patuh, yang mesti dilakukan suami ialah menasihatinya. Jika masih tidak patuh juga, UAS menyarankan untuk pisah ranjang terlebih dahulu.

"Kalau tak mempan, naik SP3, surat peringatan tiga, tempeleng dia. (Itu) ada dalam Qur’an," tuturnya.

Walau demikian, ada baiknya SP yang ketiga sebaiknya dihindari. Karena, tindakan tersebut bisa masuk dalam ranah kekerasan dalam rumah tangga(KDRT).

"Sebab itu, tempeleng tak bisa lagi dipakai. Yang keempat itulah yang disebut dengan mediasi, panggil keluarga perempuan, laki-laki, duduk bersama. Judulnya, mau ke mana hubungan ini," ungkap dia.

Apabila semua jalan ditempuh tetap buntu, barulah tahap ke-5 untuk melontarkan talak mulai dari talak ke-1 dan talak-talak berikut.

 

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA