Wednesday, 22 Jan 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Ternyata Kafein dari Teh dan Kopi Bisa Tertahan di Aliran Darah

Indah Pratiwi - 04/12/2019 23:12

Beritacenter.COM - Minuman teh dan kopi memang digemari banyak orang. Bahkan, beberapa dari mereka tidak dapat bekerja apabila belum mengonsumsinya di pagi hari sebagai hidangan pertama.

Tahukah kafein yang terkandung dalam kopi dan teh bila dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan kebingungan, halusinasi, muntah dan bahkan kematian akibat kejang-kejang.

Mengutip Medical Daily, berdasarkan laporan Journal of Pharmaceutical and Biomedical Analysis, sering mengonsumsi kopi atau teh juga dapat membuat kafein bertahan di dalam aliran darah tubuh manusia.

Ini bisa diketahui dari "serum darah manusia murni" yang didapatkan peneliti dari Oregon State University (OSU) dari banyak pendonor.

Ketika diperiksa ternyata darah mengandung kafein. Untungnya, tim mencatat kandungan kafein dalam aliran darah ini kemungkinan tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius saat diberikan kepada orang lain.

"Dari sudut pandang 'kontaminasi', kafein bukan kekhawatiran besar bagi pasien," kata Luying Chen, Ph.D, salah satu peneliti dari OSU, melansir Medical Daily.

Mereka berharap hasil dari penelitian ini akan memandu bank darah dan penyedia jasa donor darah agar memeriksa pendonor darah terlebih dahulu.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA