Friday, 13 Dec 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Hadiri Pameran Alutsista, Prabowo Akui Anggaran Indonesia Lebih Kecil Dibanding Negara Tetangga

Baharuddin Kamal - 03/12/2019 18:13

BeritaCenter.COM -Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beserta jajaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melihat pameran Industri Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di halaman Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/12).

Alutsista yang dipamerkan di antaranya, kendaraan taktis, produk Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau kendaraan tanpa awak, produk senjata atau bom, produk kendaraan tempur (Ranpur), produk optik, produk kapal intai, produk galangan kapal, produk komunikasi, produk energi.

Adapun yang non alutsista merupakan produk perorangan berupa helm, seragam, hingga rompi. Berdasarkan informasi, sebanyak 25 industri pertahanan swasta dalam negeri ikut serta dalam pameran ini.

"Saya minta mereka datang untuk memamerkan kemampuan mereka, sangat membanggakan, saya melihat kemampuan mereka sangat membanggakan," kata Prabowo di lokasi, Selasa (3/12).

Dalam acara itu, Prabowo mengungkap anggaran belanja alutsista Indonesia kecil dibandingkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Anggaran untuk membeli alutsista tidak sampai satu persen dari PBD Indonesia.

"Iya jadi anggaran kita di Asia Tenggara terkecil dibanding negara tetangga kita. Kita tidak sampai satu persen dari GDP kita, dari produksi domestik kita, kita baru sekitar nol koma delapan persen. Tetangga-tetangga kita ada yang tiga persen," katanya

Dia berjanji akan memperjuangkan supaya anggaran alutsista naik. Menurut Prabowo, ini penting. Karena berkaitan dengan keamanan wilayah Indonesia.

"Jadi ini yang sedang saya perjuangkan supaya kita juga bisa anggaran ditingkatkan untuk menjamin kedaulatan kita menjaga wilayah kita mengamankan kekayaan kita supaya tidak dicuri bangsa lain," tegasnya.




Berita Lainnya

Gerhana Matahari Cincin Akan Sapa Indonesia

13/12/2019 14:50 - Indah Pratiwi

Presiden Jokowi Lantik Wantimpres Siang Ini

13/12/2019 09:35 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA