Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
News

Hadir di Reuni 212, Gubernur Anies Singgung Keunikan Persatuan Indonesia

Aisyah Isyana - 02/12/2019 08:29

Beritacenter.COM - Kegiatan Reuni 212 di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, turut dihadiri Gubernur DKI, Anies Baswedan. Pada kesempatan itu, Anies menyebut Indonesia tak hanya terkenal dengan keberagaman, namun juga persatuan dalam keadilan.

"Saudara sekalian yang saya hormati saya ingin menyampaikan pesan singkat saja bahwa Repulbik Indonesia sering dipuji karena keberagamannya, sesungguhnya yang unik dari Indonesia bukan hanya keberagaman, banyak bangsa lain yang tidak kalah beragam dari Indonesia," ujar Anies saat memberikan sambutan pada Reuni 212, di Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Anies menyebut keunikan Indonesia terletak pada persatuan. Dia menyebut apa yang tampak dalam Reuni 212 merupakan cerminan persatuan.

"Keunikan kita adalah di sini ada persatuan Indonesia. Semua yang ada di tempat ini semua adalah cermin persatuan Indonesia," kata dia.

Gubernur DKI ini menyebut persatuan tak bisa tercipta begitu saja. Namun, persatuan tercipta lantaran adanya keadilan.

"Persatuan itu tidak dijaga dengan retorika, tidak dijaga dengan hanya mengirimkan tulisan, atau lisan tapi dengan menghadirkan keadilan," ucapnya.

"Tidak mungkin ada persatuan dalam ketidakadilan, tanpa keadilan tidak mungkin ada persatuan, betul?" imbuhnya.

Menurutnya, keadilan harus terus dijaga dan dipertahankan. Anies menyebut sudau menjadi tanggung jawab anak bangsa dalam menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Karena itu keadilan jadi penting kalau kita ingin mempertahankan terus apa yang udah dibangun oleh para pendiri republik ini. Maka tanggung jawab kita hari ini adanya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," tutunya.

Dia menambahkan, keadilan dapat tercipta karena ada perlakuan yang sama dan kesetaraan. Anies menyebut pihaknya berkomitmem untuk menghadirkan keadilan di Jakarta.

"Ketika kesetaraan, kesempatan ada, ketika perlakuan yang sama ada pada setiap warga negara maka akan ada keadilan, maka kita akan memiliki persatuan. Inilah yang menjadi fokus perhatian kami di jakarta, kami bukan hanya membangun infrastruktur fisik, justru kami ingin menegakkan dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta," pungkasnya.

"Ini salah satu masalah mendasar ada ketimpangan dalam berbagai aspek mari kita tunjukkan untuk persatuan kita harus wujudkan keadilan," tambahnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA