Friday, 13 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Letakan Bawang Putih di Telinga Justru Bisa Berbahaya

Indah Pratiwi - 29/11/2019 14:47

Beritacenter.COM - Seorang di China melakukan pengobatan dengan tradisional mnggunakan bawang putih untuk mengatasi masalah telinga akibat infeksi. Lelaki itu mencoba meletakan satu siung bawang putih di telinganya.

Namun, sayangnya meletakan bawang putih di telinga justru bisa menimbulkan masalah baru. Zhong Yijun yang merupakan sepsialis THT di Rumah Sakit Sanhe menyebutkan, ia terkejut ada pasien mengobati sakit telinga dengan bawang putih. Akibatnya, bawang putih itu terperangkap di dalam telinga selama 2 bulan.

"Ada benda asing putih di telinga kirinya. Saya tidak bisa menentukan apa itu. Awalnya saya pikir itu karena peradangan," kata Zhong Yijung.

"Dia (pasien) membaca di situs online bahwa bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang baik. Jadi dia menaruhnya di telinga," jelas dokter.

Dokter tersebut menambahkan, menggunakan bawang putih untuk menghilangkan rasa sakit di telinga akibat pembengkakan bukanlah konsep baru. Namun, tidak ada bukti dari penelitian penggunaan bawang putih bisa menyembuhkan rasa sakit akibat pembengkakan di telinga.

"Jangan percaya semua yang Anda baca, terutama obat-obatan tradisional yang direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam telinga, seperti jahe, bawang putih, hingga cabai.” pungkasnya.

Beruntung sang dokter masih bisa mengatasi pembekakan telinga pria itu. Dokter juga meresepkan obat topikal untuk mengobati peradangan dan memperingatkan agar tidak menggunakan bawang putih.

 




Berita Lainnya

Bahaya! Kondom Disebut Tak Ampun Cegah HIV

13/12/2019 08:23 - Anas Baidowi

Inilah 5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

11/12/2019 05:21 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA