Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Ladies, Kamu Harus Tahu 7 Kondisi Darah saat Menstruasi!

Aisyah Isyana - 26/11/2019 02:12

Beritacenter.COM - Sudah menjadi kodrat wanita untuk mengalami fase mestruasi setiap bulannya. Siklus bulanan ini rutin dialami wanita yang sudah memasuki masa pubertas, biasanya diawali pada usia 12 tahun.

Saat memasuki fase menstruasi, darah biasanya akan keluar dari alat kelamin wanita. Kendati begitu, darah yang keluar itu biasanya berbeda-beda baik dalam kuantitas maupun warna. Kondisi darah yang keluar saat menstruasi juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan wanita tersebut.

Untuk itu, penting bagi wanita untuk mengetahui kondisi darah menstruasi, guna mengatahui kondisi kesehatan mereka. Dilansir dari Brightside, berikut kondisi darah menstruasi yang penting untuk kamu ketahui.

Warna Pink

Warna cenderung pink yang muncul pada darah menstruasi bisa jadi tanda rendahnya tingkat estrogen. Jika kamu seorang pelari, bisa jadi darah menstruasi milikmu berwarna terang karena bisa menurunkan tingkat estrogen. Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa ada hubungan antara rendahnya estrogen dengan osteoporosis.

Coklat Tua

Warna coklat atau merah tua merupakan tanda bahwa adanya darah tua yang terlalu lama berada di uterus terlalu lama. Banyak orang yang tidak mengetahui kenapa hal ini terjadi namun bisa dikatakan tetap normal.

Warna Merah Cranberry

Warna merah cranberry yang muncul ketika menstruasi tergolong sehat dan baik bagi kesehatan. Hal ini merupakan warna darah yang paling normal ketika wanita mengalami menstruasi.

Oranye

Warna oranye sama seperti campuran warna merah dan abu-abu yang menjadi tanda adanya infeksi. Hal ini juga biasanya disertai dengan bau tidak sedap dan rasa sakit yang parah.

Oleh karena itu, perhatikan kondisi darah menstruasi yang kamu alami. Sejumlah hal tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah atau tergolong normal. Namun ketika kamu ragu-ragu dengan masalah yang kamu alami, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Campuran Kemerahan dan Abu-abu

Warna abu-abu atau abu-abu kemerahan dari darah kemerahan bisa menjadi tanda kehamilan. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi tanda infeksi penyakit menular seksual. Namun jika dua hal tersebut tidak kamu alami, bisa jadi ini tanda awal keguguran yang kamu alami.

Kental Seperti Selai dengan Bercak

Kondisi darah menstruasi yang mengental seperti selai dengan bercak merah tua menjadi tanda masalah progesteron rendah dan tingkat estrogen yang tinggi. Hal ini bisa jadi bukan maslaah besar namun ketika bercaknya membesar, berarti kamu mengalami ketidakseimbangan hormonal.

Berair

Kondisi berair tanpa warna atau warna pink sangat terang pada darah menstruasi bisa berarti kamu kekurangan nutrisi. Paling buruknya, hal ini juga bisa jadi tanda adanya masalah kanker ovarium.




Berita Lainnya

Mau Paru-Paru Sehat..? Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari

23/10/2020 20:15 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA