Saturday, 07 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Ringkus Sindikat Pemalsu Uang Dollar Amerika, Amankan Uang Plasu Rp 3 Milliar

Dewi Sari - 22/11/2019 18:50

Beritacenter.COM – Petugas Polsek Pademangan membongkar sindikat uang palsu dengan pecahan dollar Amerika. Dari kasus ini, lima orang diamankan polisi dan uang senilai miliaran rupiah.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan kelima pelaku yang diamankan berusia antara 39 hingga 49 tahun.

Budhi mengatakan terbongkarnya kasus ini setelah mendapatkan laporan dari masyarakat dengan adanya transkasi uang palsu. Bermula para pelaku menawarkan uang dolar dengan harga murah, setelah itu uang yang mereka edarkan ternyata adalah palsu.

“Tim mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seseorang yang menawarkan untuk bisa menukarkan uang dolar tapi dengan rate cukup murah,” kata Kombes Budhi di Polsek Pademangan, Jumat (22/11/2019).

Mendapatkan infromasi itu, petugas menyamar untuk bertansaksi dengan para tersangka. Transaksi dilakukan pada 13 November 2019 lalu di wilayah Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara. Di sana, polisi menangkap tiga tersangka.

“Dari penangkapan tersebut tim mendapatkan barang bukti 100.000 USD pada awalnya,” kata Budhi.Dari penangkapan itu polisi kemudian mengejar tersangka ES dan DM yang berperan sebagai penyedia dolar palsu ini.Keduanya ditangkap di wilayah Kabupaten Bogor dengan barang bukti 120.000 USD.

“Jadi total barang bukti mata uang palsu yang kita amankan itu 220.000 USD dengan pecahan 100 USD. Apabila dirupiahkan bisa mencapai Rp3 miliar,” ucap Budhi. Selain lembaran uang palsu, polisi juga menyita barang bukti lainnya seperti alat sinar UV dan 20 rol lembar kertas atau bahan baku uang palsu.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA