Saturday, 07 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

BPOM Sita Belasan Ribu Kosmetik dan Pelangsing Ilegal

Indah Pratiwi - 22/11/2019 13:46

Beritacenter.COM - Kota Makassar menjadi sasaran empuk beredarnya kosmetika ilegal. Hal ini terbukti dari disitanya belasan ribu kosmetika berbagai merk oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel bekerjasama dengan Bea Cukai Makassar.

Kepala BBPOM Sulsel Abdul Rahim menyebutkan, barang yang diamankan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin masuk melalui pengiriman barang dan jasa melalui jalur darat.

BPOM juga berhasil mengamankan kosmetik jenis Skin care sabun dan cram, cream wajah, dan handbody lotion. Lalu obat-obatan pelangsing atau suplemen kesehatan merek lemon fit dan terkahir makanan berupa roti merek croissant 7 days.

"Terkait obat dan suplemen kesehatan, kami sudah mengujinya, ada kandungan sibutramine, efeknya membuat orang tidak bernafsu makan, kemudian ada furosemida itu obat jantung sebenarnya, tapi efeknya membuat pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Jadi orang yang sudah tidak nafsu makan, kemudian keluar cairan cepat, terlalu kurus. Dari segi kesehatan berbahaya sekali," terangnya saat rilis di Aula Kantor BBPOM Makassar, Jumat (22/11/2019).

Barang tersebut, kata dia, dari Malaysia, Thailand, Singapura, hingga Arab Saudi. Barang tersebut terendus petugas Bea Cukai Makassar di Bandara kemudian dipastikan legalitasnya oleh BBPOM lewat mesin X-ray.

"Dari luar negeri, dari Thailand, Singapura, Arab Saudi, Malaysia. Kosmetik 'Kelly' dari Thailand kalau skincare ini dari Malaysia. Barang bawaan penumpang pemiliknya sementara ada 10 orang," bebernya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat berhati-hati dalam memilih barang kosmetik atau produk lainnya, dengan melihat kode atau nomor ijin edarnya dari BBPOM maupun BPOM Pusat




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA