Wednesday, 30 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Minta Tiap-tiap Daerah Dipasang CCTV, Medagri: Nanti Kita Susun Aturannya

CCTV ini yang saya minta tolong, kepada bapak-bapak, terutama di perkotaan kalau bisa dibuat. Saya nanti akan bicara juga secara internal untuk menyusun peraturannya

Aisyah Isyana - 19/11/2019 16:40

Beritacenter.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut pihaknya akan segera menysun aturan terkait pemasangan CCTV didaerah dan perkotaan. Menurutnya, pemasangan CCTV akan banyak manfaatnya, tak hanya untuk pengamanan.

"CCTV ini yang saya minta tolong, kepada bapak-bapak, terutama di perkotaan kalau bisa dibuat. Saya nanti akan bicara juga secara internal untuk menyusun peraturannya," ujar Tito dalam sambutannya di acara pemberian penghargaan Swasti Saba kabupaten/kota sehat tahun 2019 di Kantor Kemendagri, Selasa (19/11/2019).

Baca juga : Antisipasi 'Desa Hantu', Mendagri Tito Buat Surat Edaran ke Kepala Deerah Terkait Verifikasi Data Desa

Mantan Kapolri ini menyebut penggunaan CCTV akan sangat berguna dan bermanfaat dalam berbagai hal, tak hanya masalah kemanan dan ketertiban. Menurutnya, CCTV juga berguna untuk memantau kebersihan lingkungan didaerah tersebut.

"Karena sistem CCTV ini akan sangat bermanfaat, bukan hanya untuk masalah security, tapi juga masalah ketertiban lalu lintas, kelancaran lalu lintas, kebersihan, konflik, masalah ada ribut-ribut dan lain-lain," kata Tito.

"Yang paling datang paling cepat ke lokasi yang bisa melihat bukan mata kita tapi cukup dengan CCTV, dalam hitungan detik kita udah bisa lihat tempat mana yang kotor, tempat mana yang jorok, apalagi kalau ribut-ribut," sambungnya.

Dalam hal ini, Tito mencontohkan penggunaan CCTV di kawasan Bawaslu, DPR, hingga MRP. Tito menilai, penggunaan CCTV dibeberapa titik akan mempermudah pengambilan data jika terjadi keributan saat terjadinya aksi demontrasi.

"Kemaren seperti di depan Bawaslu itu, di DPR, MPR kami sangat terbantu sekali dengan adanya CCTV dari pemerintah DKI kita bisa minta rekamannya. Ini juga buat bapak-bapak kepala daerah, itu akan jadi mata dan telinga kita tidak bisa lepas, kita harus memanfaatkan teknologi," ujar Tito.

Dia menambahkan, pemasangan CCTV ini sebaiknya dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak swasta. Pemasangan CCTV dapat juga dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah yang diintegrasikan dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

"Kalau bisa integrasi dengan swasta kita bisa lihat pergerakan semua orang, apalagi kalau menggunakan facial recognition yang bisa mengenal orang hanya dengan wajahnya. Koordinasi dengan Dukcapil kita, Dukcapil kita udah 90 persen masuk," tuturnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA