Saturday, 07 Dec 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Rusia Siap Bungkus Pesawat Jet Tempur SU-35 ke Indonesia

Indah Pratiwi - 18/11/2019 16:01

Beritacenter.COM - Pemerintah Rusia telah menyiapkan 11 unit pesawat jet tempur Su-35 yang dipesan Indonesia sesuai kontrak. Moskow menyatakan masih menunggu keputusan pemerintah Indonesia soal pengiriman tersebut.

"Tidak ada yang menghalangi ini. Perjanjian antarpemerintah telah ditandatangani, semua kondisi untuk kesepakatan telah didokumentasikan, dan kami sedang menunggu kontrak untuk mulai berlaku setelah pihak Indonesia membuat keputusan," kata Direktur Jenderal Rosoboronexport Rusia, Alexander Mikheev, kepada wartawan dikutip Sputniknews, Senin(18/11/2019).

Meski sempat adanya ancaman dari Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia soal pembelian pesawat Sukhoi, Rusia akan tetap menjalin kepada negara manapun untuk membeli pesawat canggihnya itu.

"Kami merasa beberapa negara lebih berhati-hati," kata Kladov. “Misalnya, kemarin saya berbicara dengan Kepala Angkatan Udara Indonesia dan dia menyebutkan CAATSA, hukum AS," katanya lagi mengacu pada Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CATSAA), sebuah undang-undang AS yang mengamanatkan penjatuhan sanksi terhadap negara-negara yang membeli senjata Rusia, Korea Utara dan Iran.

"Dari apa yang dia katakan, saya mengerti mereka menerima ancaman. Mereka tergantung tidak hanya pada peralatan Rusia, mereka tergantung pada sebagian besar peralatan buatan AS. Jika sebagai tindakan hukuman, katakanlah, pabrikan Amerika berhenti memasok suku cadang, berhenti mendukung peralatan buatan Amerika, maka akan ada masalah keamanan di pertahanan nasional di Indonesia. Jadi, mereka sangat berhati-hati," papar Direktur Kerja sama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec Rusia, Victor Kladov.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA