Sunday, 08 Dec 2019
Temukan Kami di :
News

Awas, Ada 7 Aliran Dinyatakan Sesat oleh MUI dan Korpakem

Indah Pratiwi - 14/11/2019 22:09

Beritacenter.COM - Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Korpekam) melaporkan ada 13 aliran kepercayaan di Kabupaten Bekasi yang diselidiki dan tujuh di antaranya telah dinyatakan sebagai aliran sesat.

Ketua Korpakem Kabupaten Bekasi Raden Rara Mahayu Dinas Suryandari menyebutkan, ketujuh aliran sesat tersebut masing-masing bernama Millah Ibrahim, Hidup di Balik Hidup, Surga Eden, Islam Jamaah, Agama Samalullah atau yang lebih dikenal Lia Eden, Al Qiyadah Al Islamiyah dan Jemaat Ahmadiyah.

"Hasil identifikasi kami, terdapat 13 aliran kepercayaan yang tumbuh di Kabupaten Bekasi. Dari 13 aliran tersebut, hanya tujuh yang dinilai aliran sesat," ungkap Ketua Tim Korpakem Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dinas Suryandari, Kamis (14/11/2019).

Dia menambahkan, ketujuh aliran sesat itu memang memiliki kesamaan dengan ajaran agama Islam. Hanya saja, paham yang diyakini sudah menyalahi akidah dan syariat. Salah satunya, ajaran tersebut tidak mengimani Nabi Muhamad sebagai Rasulullah SAW.

Seperti misalnya aliran Hidup di Balik Hidup yang meyakini bahwa pimpinan mereka pernah berdialog dengan Tuhan. Kemudian para malaikat dan Nabi Muhammad pemimpin aliran tersebut mengaku pernah melihat alam barzah, surga, serta neraka. Sehingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan aliran tersebut dinyatakan sesat.

"Kita bisa melihatnya beberapa tahun kebelakang," kata perempuan yang juga menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi ini.

Tim Korpakem, kata dia, akan terus melakukan pemantauan sekaligus pendekatan terhadap masyarakat yang menganut sejumlah paham tersebut sehingga masyarakat tidak dibuat sesat.




Berita Lainnya

Layanan Kartu Sehat Bekasi Akan Dihentikan

07/12/2019 17:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA