Sunday, 26 Jan 2020
Temukan Kami di :
News

Bantah Rizieq Soal Surat Cekal, Mahfud Md: Itu Surat Dilarang Keluar, Urusan Dia dengan Arab Itu!

Yang dikirim ke saya itu bukan surat pencekalan. Bukan alasan pencekalan. Tapi surat dari Imigrasi Arab Saudi bahwa Habib Rizieq nomor paspor sekian dilarang keluar Arab Saudi karena alasan keamanan. Itu aja. Itu berarti kan urusan dia dengan Arab Saudi, bukan urusan dia dengan kita. Kalau ada yang dari kita, tunjukkan ke saya

Aisyah Isyana - 14/11/2019 15:51

Beritacenter.COM - Menko Polhukam Mahfud Md angkat bicara soal surat yang disebut Habib Rizieq Shihab sebagai surat pencekalan. Menurutnya, surat yang ditunjukkan Habib Rizieq bukanlah surat pencekalan seperti yang diklaim Imam Besar Fron Pembela Islam itu.

Mahfud menyebut surat itu hanya surat penolakan agar Habib Rizieq tak keluar dari Arab Saudi, karena alasan keamanan. Mahfud mengaku sudah menerima salinan surat itu dari pengacara Habib Rizieq.

Baca juga : 

"Yang dikirim ke saya itu bukan surat pencekalan. Bukan alasan pencekalan. Tapi surat dari Imigrasi Arab Saudi bahwa Habib Rizieq nomor paspor sekian dilarang keluar Arab Saudi karena alasan keamanan. Itu aja," kata Mahfud di kompleks Istana, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).

"Itu berarti kan urusan dia dengan Arab Saudi, bukan urusan dia dengan kita. Kalau ada yang dari kita, tunjukkan ke saya," sambung Mahfud.

Mahfud mengaku heran atas klaim Habib Rizieq yang menyebut pemerintah Indonesia yang melakukan pencekalan terhadap dirinya.

"Enggak ada penjelasannya. Gitu aja suratnya. Kan sama kamu mau masuk bandara, orang mau masuk bandara, lalu kamu dilarang keluar karena masalah ini, enggak ada penjelasannya. Gitu aja," kata dia.

Menurutnya, isi dalam surat itu menjelaskan bahwa Rizieq dilarang untuk meninggalkan Arab Saudi, atas alasan kemanan. Dengan begitu, dia menegaskan jika pemerintah tak akan melakukan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memulangkan Rizieq.

"Enggak. Itu urusan dia dengan pemerintah Arab Saudi," tegas Mahfud.

Sebagaiamana diketahui, Habib Rizieq dalam sebuah video yang beredar di media sosial tampak menunjukkan sebuah surat yang disebutnya sebagai 'surat pencekalan'. Rizieq menyebut surat itu ada surat yang membuat dirinya tak bisa pulang ke Indonesia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA