Saturday, 07 Dec 2019
Temukan Kami di :
Nasional

KemenPANRB Sajikan Soal-soal CPNS 2019 Yang Berbobot

Indah Pratiwi - 14/11/2019 05:07

Beritacenter.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menetapkan nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian menyebutkan, meski nilai ambang batas turun pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap soal-soal SKD dan pelaksanaan tes CPNS sehingga penurunan passing grade tak berpengaruh besar.

"Soal-soal tahun ini dinilai lebih berbobot dengan kontrol yang lebih ketat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/11/2019).

Para pelamar yang menggunakan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber (cyber security) harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Perubahan nilai komposisi soal berubah untuk tahun ini. Jumlah soal TWK yang semula 35 menjadi 30, sementara jumlah soal TIU semula 30 menjadi 35. Sedangkan jumlah soal TKP tetap yakni 35 soal.

"Perubahan ini tidak akan berpengaruh terhadap kualitas ASN. Kami tetap mengedepankan kompetensi guna memperoleh CPNS yang berkualitas dan berkompeten," ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA