Thursday, 06 Aug 2020
Temukan Kami di :
News

Skuter Listrik Dilarang Beroperasi di Jalan Raya

Indah Pratiwi - 14/11/2019 04:05

Beritacenter.COM - Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan pencegahaan operasional skuter listrik agar tidak turun ke jalan raya di Ibu Kota.

Hal ini berawal dari insiden seorang pengemudi mobil sedan berinisial DH menghantam enam pengguna skuter listrik di kawasan Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dua di antaranya tewas.

"Ada kecelakaan pada dini hari, harusnya ada pembatasan waktu operasional. Begitu juga ada keluhan pelanggaran di JPO, mestinya pengguna tahu aturan yang berlaku karena ada larangan juga di JPO itu," ucap Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar di Mapolda Metro Jaya, Rabu 13 November 2019.

Saat ini, kata dia, pihaknya bersama pemda DKI Jakarta sedang mengkaji skuter litsrik yang saat ini marak beroperasi di jalanan Jakarta, salah satunya Grabwheels.

"Skuter listrik itu masih dibahas oleh Korlantas Polri dengan Kementerian Perhubungan, nanti dikatagorikan apa nih, kalau kendaraan bermotor kan memang harus diregistrasikan berdasarkan undang-undang,” ujar dia.

Apabila skuter listrik masuk ke kendaraan bermotor maka kendaraan tersebut harus ada registrasi seperti kendaraan yang ada saat ini sehingga jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh para pengemudi skuter di jalan raya.

“Tapi sebelum itu kami juga ingin berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, supaya kasus kecelakaan dan pelanggaran pengguna skuter ini bisa diminimalisir. Kita akan koordinasi apakah bisa tidak dibatasi operasionalnya, atau tidak, selain ada aturan terkait masalah sistem keamanannya seperti menggunakan helm, wajib berlampu, lampu yang besar depan belakang. Jadi, kita lihat dengan instansi terkait,” kata dia lagi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA