Tuesday, 10 Dec 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Mahfud MD "TANTANG" Rizieq Tunjukan Surat Pencekalan Dirinya

Indah Pratiwi Budi - 13/11/2019 20:10

Beritacenter.COM - Mahfud MD memastikan bahwa Pemerintah tidak pernah merilis surat pencekalan terhadap Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Mahfud bahkan tidak mengetahui surat pencekalan yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi yang diklaim atas rekomendasi pemerintah Indonesia.

Mahfud lantas menantang Rizieq untuk mengirimkan surat yang diklaimnya itu ke kantor Menkopolhukam untuk memastikan kebenarannya.

“Saya tidak tahu itu suratnya. Suruh kirim kepada sayalah. Kok, hanya di TV gitu,” kata Mahfud kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (11/11).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun mempertanyakan kebenaran surat tersebut.

Ia mengaku, selama menjabat sebagai Menko Polhukam, tidak pernah melihat surat pencekalan terhadap Rizieq.

“Saya ingin tahu itu surat benar apa, apa surat resmi atau berita koran atau apa kan gitu cuma diginikan (diperlihatkan) di medsos. Coba suruh kirim copy-nya kepada saya, saya ingin tahu,” kata Mahfud.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas Ditjen Imigrasi Sam Fernando menyebut, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat permohonan penangkalan Rizieq untuk masuk ke Indonesia.

Sesuai ketentuan, penerbitan surat penangkalan itu baru dapat dilakukan atas permohonan instansi maupun penegak hukum lain. Ia mengatakan bahwa penerbitan surat pencegahan itu menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi.

Sebelumnya Rizieq Shihab menyatakan bahwa ia tak bisa pulang dari Arab Saudi ke Indonesia lantaran dicekal oleh pemerintah untuk masuk ke Tanah Air.

Hal itu disampaikan Rizieq melalui video yang tersebar di YouTube. Melalui video itu, Rizieq menyatakan, Pemerintah Indonesia mengirimkan “surat pencekalan” ke Pemerintah Arab Saudi agar dirinya tak diperbolehkan pulang karena alasan keamanan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA