Saturday, 07 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Tembak Mati Pelaku Skimming WN Rumania

Dewi Sari - 12/11/2019 08:55

Beritacenter.COM - Satreskrim Polda Metro Jaya mengamankan dua orang Warga negar Rumania karena melakukan aksi pembobolan ATM dengan modus skimming di wilayah Ibu Kota. Satu diantaranya dihadiahi timah panas hingga tewas lantaran melawan polisi saat ditangkap.

Kedua pelaku bernama Solomes dan Kristea. Sebanyak 17 korban mengakui telah ditipu oleh keduanya. Solomes adalah pelaku yang tewas ditembak dalam pengejaran. Dia melawan polisi saat dikejar.

Pelaku Solomas sempat dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati, nyawanya tak tertolong, karena kehabisan darah. Kejadian ini terjadi, saat kedua tersangka diminta untuk menunjukkan lokasi mesin ATM yang dipasang skimmer.

"Pada saat di teler, tersangka Solomes sempat merebut senjata," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin 11 November 2019.

Kedua pelaku ini diketahui baru 1,5 bulan berada di Tanah Air. Mereka masuk ke Indonesia menggunakan visa wisata atau turis. Kepada polisi, keduanya mengaku sudah menaruh skimmer di sejumlah mesin ATM, antara lain di daerah Kalimalang, Otista, Cideng, dan Tomang. Selama beraksi, keduanya meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

"Transaksi yang sudah dia kumpulkan sebesar Rp137 juta di rekening penampungan di situ," ujar Argo.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dan atau tindak Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 30 ayat (2) jo pasal 46 ayat (2) dan atau pasal 32 ayat (2) jo pasal 48 ayat (2) dan atau pasal 36 jo pasal 51 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 3 dan 4 jo pasal 2 ayat (1) huruf p dan z Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA