Sunday, 08 Dec 2019
Temukan Kami di :
Bola

Pelatih Timnas Minta Liga 1 Kurangi Pemain Asing

Anas Baidowi - 11/11/2019 14:02

Beritacenter.COM - Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini menyoroti pelaksanaan Liga 1 2019 yang masih mengandalkan banyak pemain asing. Dia menilai, keberadaan pemasin asing telah mematikan perkembangan pesepak bola muda lokal.

"Coba kita lihat, hanya beberapa pemain (muda) saja yang punya kesempatan untuk bermain, mereka tidak punya kesempatan karena banyaknya pemasin asing," kata Fakhri.

"Semaikn banyak dibuka kesempatan dan kuota untuk pemain asing, semakin berkurang kuota untuk anak-anak muda," lanjutnya.

Untuk diketahui, saat ini Liga 1 membolehkan setiap klub dikuatkan dengan empat pemain asing. Syaratnya adalah, satu pemain asing wajib berasal dari anggota AFC atau dengan kata lain berasal dari Benuia Asia.

Jumlah pemain asing tersebut belum termasuk pemain asing yang sudah dinaturalisasi atau sudah berstatus sebagai WNI. Keempat pemain asing itu juga boleh dimainkan dalam waktu yang bersamaan.

Fakhri menilai, kebijakan itu sangat mempengaruhi prestasi timnas Indonesia pada masa depan. Menurutnya, sepak bola Indonesia akan kesulitan menuai prestasi di masa depan jika masih terlalu mengandalkan kekuatan pemain asing.

Dia pun menyarankan agar pengelola liga dan klub lebih memperhatikan keberadaan pemain muda serta memberikan kesempatan menit bermain lebih banyak.

"Jangan terlalu memberi banyak tempat kepada pemain asing, ditambah lagi pemain naturalisasi, agar pesepak bila lokal bisa semakin berkembang," kata mantan gelandang timnas Indonesia era 90-an itu.




Berita Lainnya

Bhayangkara Jinakkan Macan Kemayoran 3-0

04/12/2019 20:05 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA