Monday, 14 Jun 2021
Temukan Kami di :
News

Anggaran Rp197 M Disetujui, Pemprov DKI Bakal Buat Saringan Sampah di Hulu Ciliwung

Aisyah Isyana - 11/11/2019 13:50

Beritacenter.COM - Memasuki musim penghujan dan sampah yang seperti tak ada habisnya, membuat Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berencana untuk membuat saringan sampah di hulu sungai Ciliwung. Proyek pembuatan saringan itu diperkirakan bakal memakan anggaran mencapai Rp197 miliar.

"Saringan sampah penting karena setiap saat, terutama hujan. Sampah sungai Ciliwung jadi masalah di Manggarai. Kalau tiap hari satu, dua truk. Ketika sampah datang saat hujan, di Manggarai butuh sekitar 350 truk untuk membersihkan," ungkap Kelapa Dinas Lingkungan Hidup DKI, Andono Warih.

Andono menyampaikan hal itu dalam rapat Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dengan Komisi D DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (11/11/2019).

Dia menilai, proyek pembuatan saringan sampah ini merupakan hasil kerja sama dengan Institute Teknologi Bandung (ITB). Menurutnya, akan ada sejumlah pengerjaan fisik yang perlu dilakukan pada 2020 mendatang.

"ITB dengan Pemprov sudah ada MOU, sehingga kami mendapatkan DED dari Lapi ITB itu. Kegiatan akan ada dua, kegiatan besar yaitu struktur mekanis, dan penggunaan alat," kata Andono.

"Kegiatan struktur ini membangun konstruksi jembatan, ke dua pengadaan alat untuk angkat sampah. Dan penghancur sampah, sehingga sampah sudah terpecah," kata Andono.

Nantinya, akan ada tiga lapis saringan yang dipasang di lokasi, yakni diantaranya saringan jarang untuk sampah besar sampai yang kecil. Kendati begitu, Andono belum menjelas rinci lokasi persis pembangunan saringan tersebut. Dia menyebut lokasi saringan masih perlu dibahas lebih lanjut dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

"Ini nanti di segmen Ciliwung. Sudah ada tapi kita perlu konfirmasi dengan BBWSCC," kata Andono.

Sementara itu, Ketua Komisi D Ida Mahmudah telah menyetujui anggaran Rp 197 miliar itu. Anggaran itu akan dibawa ke Rapat Badan Anggaran (Banggar) untuk disetujui.

"Kalau manfaat bagus agar sampah tidak masuk ke wilayah, perlu perhatian untuk tahun mendatang. Kalau bagus kita bisa buat di tempat lain. Anggaran di Dinas LH ini Rp 197 miliar sekian disetujui," ucap Ida.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA