Saturday, 23 Nov 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Spyware Pegasus Sedang Jadi Fokus Utama Kemkominfo Saat Ini. Apa Itu Spyware Pegasus?

Spyware itu disebut bisa meretas ponsel melalui WhatsApp dan telah menyerang 1.400 pengguna WhatsApp secara global. Spyware ini antara lain menyasar para aktivis, politisi, dan jurnalis.

Sari Intan Putri - 08/11/2019 18:22

Beritacenter.COM - Saat ini Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang melakukan monitoring lebih jauh terhadap serangan spyware Pegasus yang meresahkan masyarakat Indonesia.

Hal itu disebutkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Gedung Kominfo di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Pegasus merupakan spyware buatan perusahaan asal Israel bernama NSO Group.

Spyware itu disebut bisa meretas ponsel melalui WhatsApp dan telah menyerang 1.400 pengguna WhatsApp secara global. Spyware ini antara lain menyasar para aktivis, politisi, dan jurnalis.

Perlu diketahui juga jika spyware adalah istilah yang diberikan kepada kategori perangkat lunak yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi atau organisasi. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan serangkaian operasi tanpa ijin pengguna yang sesuai, kadang-kadang bahkan secara diam-diam.

Tindakan umum yang dilakukan spyware meliputi iklan, pengumpulan informasi pribadi, dan mengubah pengaturan konfigurasi pengguna komputer.

Cara paling umum spyware masuk ke komputer adalah melalui freeware dan shareware sebagai komponen tersembunyi yang dibundel.

Setelah spyware berhasil diinstal, spyware mulai mengirim data dari komputer tersebut di latar belakang ke tempat lain. Sebenarnya, spyware adalah nama umum untuk program yang berisi fungsionalitas tambahan yang dirancang untuk secara diam-diam memantau aktivitas Anda di komputer.




Berita Lainnya

Akhirnya Oppo Kenalkan ColorOS 7

21/11/2019 13:03 - Sari Intan Putri

WhatsApp Temukan Celah Keamanan dalam Aplikasinya

19/11/2019 09:33 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA