Friday, 10 Jul 2020
Temukan Kami di :
News

Komisi Pendidik DPR Soroti Perekrutan Guru Terkait Kasus Sisiwi Diajak 'Threesome' di Bali

Aisyah Isyana - 08/11/2019 13:05

Beritacenter.COM - Komisi Pendidikan DPR mengaku syok mendengar kasus guru wanita di Buleleng, Bali, mengajak siswinya melakukan hubungan threesome dengan kekasihnya. DPR meminta Mendikbud Nadiem Makarim untuk kembali mengkaji sistem perekrutan guru.

"Pastinya itu satu temuan yang sangat syok ya saya juga dengarnya, kita merasa terpukul juga seorang pendidik bisa juga kan menjadi contoh yang atau bahkan memengaruhi anak didik melakukan hal di luar panutan moral pada umumnya," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian, Kamis (7/11) malam.

Baca juga :

Dia meminta agar kasus ini dapat menjadi perenungan bersama agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Kedepannya, orang-orang yang direkrut sebagai guru diharapkan dapat memiliki komitmen untuk medidik dan mengajar yang memang panggilan dari hati.

"Bagaimana kita bisa merekrut guru-guru ke depan itu, ini juga salah satu catatan Nadiem kemarin, bahwa guru itu harus orang-orang yang memang memiliki kayak panggilan hati itu memang jadi pendidik karena itu tugas paling sulit," kata Hetifah.

"Dia (Nadiem) bilang jadi menteri lebih gampang daripada jadi guru. Tapi kita tuh kan sekarang, mungkin banyak guru-guru itu yang menjadi guru dengan motif yang berbeda. Misalnya dia mencari pekerjaan atau gengsi, atau bisa jadi karena nggak ada pilihan lain," imbuh Hetifah.

Guru-guru yang akan direkrut nanti, jelas Hertifah, diharapkan dapat lebih mengedepankan marwah sebagai tenaga pendidik. Dia menyoroti perekrutan gurum terutama honorer untuk harus dievaluasi kembali.

"(Perekrutan guru harus diperhatikan) dari awalnya. Dia bicara seperti itu jadi ke depannya karena kita juga memahami misalnya pengangkatan guru honorer itu kadang-kadang pertimbangannya itu politik, pertimbangannya apa. Jadi kadang-kadang kurang selektif, kurang menyelami, terutama motivasi," tegas dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA