Tuesday, 07 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Panglima TNI Akan Punya Wakil, Ini Tugasnya

Lukman Salasi - 07/11/2019 11:26

BeritaCenter.COM – Presiden Jokowi melakukan perubahan di tubuh organisasi TNI. Salah satunya dengan menambahkan posisi Wakil Panglima TNI.

Keputusan menambah posisi Wakil Panglima TNI itu dituangkan dalam Perpres 66/2019 tentang Susunan Organisasi TNI yang diteken Jokowi pada 18 Oktober 2019.

Jokowi menilai perlu dilakukan penyesuaian dengan perkembangan kebutuhan organisasi dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Salah satu perubahannya adalah adanya posisi Wakil Panglima TNI.

Pasal 13 menyebutkan unsur pimpinan TNI terdiri dari Panglima dan Wakil Panglima. Hal itu juga ditegaskan di Pasal 14 yang menyebutkan Panglima dibantu oleh Wakil Panglima. Nantinya, posisi Wakil Panglima akan diisi Pati Bintang 4.

Untuk tugas-tugas Wakil Panglima TNI dijabarkan di pasal 15. Berikut isinya:

Pasal 15

(1) Wakil Panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima.

(2) Wakil Panglima mempunyai tugas:
a. membantu pelaksanaan tugas harian Panglima;
b. memberikan saran kepada Panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan Postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan Pembinaan Kekuatan TNI serta Penggunaan Kekuatan TNI;
c. melaksanakan tugas Panglima apabila Panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap; dan
d. melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Panglima.




Berita Lainnya

ADIL DALAM LIHAT RUU HIP

30/06/2020 14:50 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA