Saturday, 23 Nov 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Menteri Perdagangan Amerika Serikat Temui Lion Air. Apa yang Dibahas?

Saat Ross berada di kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, dirinya menyebutkan jika pihak Boeing akan bertemu dengan Lion Air dalam waktu dekat.

Sari Intan Putri - 06/11/2019 20:35

Beritacenter.COM - Wilbur Ross selaku Menteri Perdagangan Amerika Serikat menyebutkan jika pihak Boeing akan menyambangi Indonesia untuk menyelesaikan kasus kecelakaan pesawat Lion Air JT310 dengan tipe pesawat Boeing 737 Max yang jatuh di perairan Karawang tahun 2018 lalu.

Saat Ross berada di kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, dirinya menyebutkan jika pihak Boeing akan bertemu dengan Lion Air dalam waktu dekat.

"Boeing telah menunjukkan kesediaan untuk berkomitmen lebih dan berbicara dengan Lion Air. Mereka juga mengungkapkan permintaan maaf kepada keluarga korban atas apa yang terjadi," kata Ross.

Lebih lanjut Ross juga menyebutkan jika Boeing akan menjadi bagian dari delegasi Amerika Serikat yang kali ini bertamu ke Indonesia. Kedatangan delegasi AS tersebut untuk membahas mengenai komitmen hubungan perdagangan antara kedua negara.

Kini, Boeing tengah bersiap membayar kompensasi pelanggan maupun keluarga korban kecelakaan yang mencapai 5 miliar dollar AS.

Dalam pertemuan tersebut, Ross juga mengatakan tak hanya perkara kerjasama dan investasi saja, kedua negara juga membahas tentang isu-isu sensitif lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, di dalam pertemuan tersebut Indonesia meminta pihak AS untuk kembali memasukkan RI ke dalam daftar negara yang diberi fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) yang sejak 27 April 2018 lalu tengah ditijau ulang.

Adapun GSP adalah sebuah sistem tarif preferensial yang membolehkan satu negara secara resmi memberikan pengecualian terhadap aturan umum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"(Yang dibicarakan) antara lain harapan terkait engineering company yang akan melakukan kegiatan di Indonesia dan terkait finalisasi review GSP yang diharapkan segera dilakukan. Dan Indonesia mengatakan akan segera kirim tim di bawah Kemendag (Kementerian Perdagangan)," ujar Airlangga.




Berita Lainnya

Jokowi Meminta Pangkas Aturan Yang Bertele-tele

23/11/2019 08:20 - Indah Pratiwi Budi

Menteri Keuangan Janji Jaga Iklim Investasi

21/11/2019 13:14 - Sari Intan Putri

Harga Emas Naik Dipicu Melemahnya Dolar

19/11/2019 06:23 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA