Thursday, 09 Jul 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Dinkes DKI Ingatkan Bagi Orang Yang Hobi Minum Boba

Indah Pratiwi - 05/11/2019 22:05

Beritacenter.COM - Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid mengingatkan kepada masyarakat soal bahaya diabetes yang mengintai jika terlalu sering konsumsi minuman dengan tambahan boba.

Rupanya, minuman dengan tambahan boba atau bubble saat ini kian tren di berbagai kalangan karena rasanya yang manis dan bisa menunda rasa lapar di perut. Bahayany, terlalu sering konsumsi minuman dengan boba bisa memicu diabetes hingga serangan jantung.

"Minuman seperti itu memang 1 cup bisa sampai 200 kalori dan gulanya tinggi. Boba atau bubble itu merupakan sumber karbohidrat karena dari tepung. Itu kalau kelebihan jadi glukosa yang ditimbun jadi lemak sehingga risiko penyakit diabetes," ujar Dwi dalam acara Nutrifood di kawasan Bangka, Jakarta, Selasa(5/11/2019).

Selain itu, lemak berlebih yang ditimbun oleh tubuh bisa menyumbat pembuluh darah dan berisiko menghambat peredaran darah yang dibutuhkan organ-organ penting di tubuh.

"Dari lemak itu, membuat dinding pembuluh darah berubah menjadi lebih rentan penyumbatan. Memunculkan hipertensi lalu penyakit jantung dan percepat terjadinya penyakit tidak menular lain seperti stroke," lanjut Dwi.

Ia meminta masyarakat agar minuman manis dibatasi dengan prinsip pola hidup yang seimbang.

"Jadi kalau kita mau menikmati minuman manis prinsipnya tidak sering dan seimbang artinya olahraga cukup, makan serat dan buah cukup. Kurangi kadar gula dengan minta less sugar sehingga porsi gula tidak sebanyak standarnya," kata dia.




Berita Lainnya

Awas! Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas

04/07/2020 18:25 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA