Tuesday, 20 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

BMKG Imbau Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Dibeberapa Wilayah Ini

Aisyah Isyana - 02/11/2019 03:43

Beritacenter.COM - Hujan lebat dan angin kencang diprediksi bakal terjadi dalam 3 hari, yakni hingga 3 November mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis BMKG, hujan lebat mengguyur Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur, pada Jum'at (1/11).

Baca juga :

Sementara hari Sabtu (2/11), hujan lebat berpotensi mengguyur Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur. Lanjut ke hari Minggu (3/11), hujan lebat berpotensi mengguyur Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

BMKG menyebut potensi turunnya hujan lebat diakibatkan lantaran adanya intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) yang melintasi wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

"Di depan muka intrusi, kondisi massa udara akan menjadi lebih lembab dan mendukung potensi konveksi (pergerakan molekul-molekul pada cairan atau gas) kuat," kata BMKG.

Terkait hal ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga angin kencang untuk berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA