Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Wacanakan Pelarangan Cadar, Menteri Agama Diminta Tak Lampaui Kewenangannya

Lukman Salasi - 31/10/2019 15:57

BeritaCenter.COM – Komisi VIII DPR RI mengingatkan Menteri Agama Fachrul Razi bahwa penggunaan cadar adalah wilayah privat. Menag pun diminta tak melampaui kewenangannya dengan mewacanakan pelarangan pengunaan cadar di instansi pemerintah.

"Memakai cadar itu sudah wilayah privat dalam menjalankan syariat agama, hendaknya Menag tidak melampaui kewenangannya," kata Buchori Yusuf, Kamis (31/10/2019).

Jika merasa risau terhadap pemakai cadar, kata Buchori, Fachrul sebagai Menag harus melihat dari aspek hukum dan sosial. Jika tidak, khawatir wacana ini hanya jadi sensasi dari Fachrul.

"Aspek hukum harus ahli hukum yang kompeten yang membahasnya, sedangkan sudut sosial dan keamanan harus dipastikan apakah pengguna cadar telah benar-benar menimbulkan keresahan publik. Atau jangan-jangan ini hanya sensasi dari Menag," ujarnya.

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi mengatakan tidak ada ayat di Alquran yang mewajibkan ataupun melarang penggunaan cadar atau nikab. Namun Fachrul mewacanakan akan melarang penggunaan cadar di instansi pemerintah. Pertimbangannya adalah alasan keamanan, belajar dari insiden penusukan Menko Polhukam terdahulu, Wiranto, yang salah satu pihak penyerangnya memakai cadar.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA