Tuesday, 10 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Ingin Tahu Makanan yang Menyehatkan Jantung ? Simak Artikel Berikut..

Baharuddin Kamal - 26/10/2019 05:33

BeritaCenter.COM - Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Salah satu cara untuk menghindari serangan penyakit mematikan ini adalah dengan membiasakan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan fitonutrien yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Berikut beberapa jenis makanan penjaga kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi setiap hari:

1. Salmon

Salmon kaya Omega-3 yang dapat membantu menjaga ritme jantung stabil, menurunkan tekanan darah dan trigliserida, seta mencegah peradangan. Selain salmon, jenis ikan lain yang baik untuk jantung antara lain tuna, mackerel, herring, trout, dan anchovies.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari dan almond kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung. Kacang-kacangan juga kaya serat dan merupakan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, jantung, Parkinson, Alzheimer, dan penyakit berat lainnya.

3. Biji-bijian

Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, dan jagung adalah beberapa sumber karbohidrat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Biji-bijian sarat protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium).

4. Oatmeal

Kandungan serat oatmeal yang tinggi mampu membantu menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan fungsi pencernaan. Pilih oatmeal yang teksturnya masih kasar karena kandungan gizinya masih terjaga.

5. Berry

Buah-buahan berry seperti blueberry, stroberi, raspberi, dan blackberry kaya serat dan antioksidan yang mampu mengurangi terjadinya serangan jantung.

6. Teh Hijau

Di antara berbagai jenis minuman teh, teh hijau paling banyak memiliki manfaat. Teh hijau membantu sel-sel mengeluarkan zat flavonoids yang bekerja sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya pembengkakan pada jaringan tubuh, sehingga tubuh pun terhindar dari pembentukan gumpalan darah yang menjadi penyebab utama serangan jantung.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya antioksidan yang menyehatkan jantung. Minyak zaitun juga mampu melindungi pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol. Selain diminum, tambahkan minyak zaitun pada salad, roti, atau sayuran.

8. Alpukat

Aplukat kaya lemak sehat yang mengurangi kolesterol jahat dan mampu membersihkan pembuluh darah sehingga risiko terkena penyakit jantung pun menurun.




Berita Lainnya

Ada Ribuan Balita Alami Gizi Buruk di Jakarta

10/12/2019 10:12 - Indah Pratiwi

Kanker Paru Bisa Dipicu dari Rokok dan Vape

06/12/2019 04:37 - Indah Pratiwi

7 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

05/12/2019 12:00 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA