Sunday, 17 Nov 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Suhu Capai 50 Celsius di Indonesia, BMKG: HOAKS

Baharuddin Kamal - 23/10/2019 22:10

BeritaCenter.COM - Beredar berita hoaks yang sempat viral di media sosial, tentang suhu panas di Indonesia yang mencapai 50 derajat Celsius. Mengetahui kabar itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menentang keras berita tersebut.

Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Kabupaten Bogor, Asep Firman Ilahi mengatakan, suhu panas di Indonesia tidak mencapai 50 derajat Celsius. Dengan demikian, kabar tentang cuaca panas ekstrem hingga 50 derajat Celcius yang beredar di media sosial adalah tidak benar atau hoaks.

"Berita tersebut adalah hoaks karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sampai saat ini BMKG di seluruh Indonesia belum mencatat suhu ekstrim di atas 40 derajat celcius," ujar Asep melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Asep menjelaskan, saat ini cuaca normal dengan kisaran 22-33 derajat Celsius di dataran rendah. Sedangkan, di dataran tinggi antara 14-26 derajat Celsius.

Berdasarkan data BMKG udara panas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Senin (21/10/2019) berada pada angka 30,3 derajat Celcius dengan kelembaban udara 27%. Sementara di Kota Bogor suhu udara tercatat hingga 36 derajat Caelcius.

Dia mengatakan, udara terasa panas saat ini disebabkan oleh posisi matahari yang baru saja bergulir ke arah selatan setelah berada tegak lurus di pulau Jawa.

"Ditambah lagi dengan peluang hujan yang masih rendah karena aliran masa udara dari timur masih kuat, sehingga mempersulit pertumbuhan awan hujan. Kondisi ini menyebabkan kelembaban udara di permukaan sangat rendah. Suhu udara tinggi dan kelembaban rendah menyebabkan udara gerah, panas menyengat dan sangat tidak nyaman," kata Asep.




Berita Lainnya

LSI Denny JA "Kepercayan Publik Ke KPK Menurun"

15/11/2019 18:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA