Sunday, 17 Nov 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Warga Probolinggo Temukan Granat Aktif, Diduga Bekas Perang Dunia II

Baharuddin Kamal - 23/10/2019 23:00

BeritaCenter.COM - Seorang warga temukan granat saat mencari ikan di ranu Kedung Pawon, Kabupaten Probolinggo. Diduga granat tersebut merupakan sisa Perang Dunia II.

Hal ini disampaikan Dandim 0820, Letkol Inf Imam Wibowo, setelah dilakukan pengecekan secara fisik, granat tangan jenis nanas itu bukan buatan Indonesia, melainkan hasil produksi negara-negara Eropa.

"Kemungkinan besar granat nanas ini terjatuh atau lokasi itu merupakan markas tentara dalam perang dunia kedua," jelasnya, Rabu (23/10/2019).

Dandim menjelaskan jika granat nanas itu, mempunyai efek ledak dahsyat. Daya ledaknya mencakup radius 30 meter. Jika serpihan ledakan mengenai warga, bisa dipastikan akan terkapar. Jikalau nyawa selamat, korban ledakan akan mengalami luka parah. Efeknya berbeda jika dibandingkan dengan granat asap dan granat latih.

"Ini biasanya digunakan pasukan dalam sebuah peperangan," jelasnya.

Granat nanas ini sudah diserahkan ke Polsek untuk dikoordinasikan dengan Jihandak Brimob untuk dimusnahkan.

“Kemarin sempat dicek di Koramil Sumberasih, namun kemudian diserahkan ke polsek. Mungkin untuk keamanan lebih lanjut, akan diserahkan ke Brimob untuk diledakkan,” ujarnya.

Imam menghimbau kepada warga yang menemukan benda serupa, maka tidak disarankan untuk mengutak-atik.

Jika warga menemukan benda granat atau bahan peledak yang dinilai membahayakan untuk segera berkoordinasi dengan pihak petugas baik TNI atau Polri," jelasnya.




Berita Lainnya

LSI Denny JA "Kepercayan Publik Ke KPK Menurun"

15/11/2019 18:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA