Thursday, 14 Nov 2019
Temukan Kami di :
News

Warga Kebumen Gelar Salat Istiqo dan Syukuran Atas Pelantikan Presiden

Aisyah Isyana - 20/10/2019 13:45

Beritacenter.COM - Sejumlah warga dari berbagai elemen di Kebumen menggelar tasyakuran untuk pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Sebelumnya, para warga juga melaksanakan salat istiqo, berharap kekeringan panjang yang melanda Kebumen dapat berakhir.

"Hari ini kita melaksanakan salat istisqo untuk meminta hujan karena kita ketahui bahwa di wilayah Kebumen ini terjadi kekeringan terutama di daerah utara dan selatan. Semoga hujan dapat segera turun," kata Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai melaksanakan salat istiqo, di Alun-alun Kota Kebumen, Minggu (20/10/2019).

Baca juga :

Terdapat ribuan orang dari berbagai elemen yang melaksanakan salat istiqo siang di lokasi. Adapun ribuan orang itu yakni terdiri dari pejabat, para ulama, santri dan pendekar pencak silat se-Kabupaten Kebumen.

KH Johan Amru Al Hafiz, bertindak sebagai Imam salat Istiqo, sementara Kiai Fadlun Haryanto bertindak sebagai khotib. Kemarau panjang yang terjadi mengakibatkan sedikitnya 82 desa dalam 15 kecamatan di Kebumen mengalami kekeringan yang berdampak 34.702 jiwa.

Tak hanya musim kemarau yang menyebabkan kekeringan, Arif menyebut tak adanya pohon penahan air juga turut andil dalam hilangnya mata air. Hal itu jelas memperparah kekeringan yang terjadi di wilayah terdampak.

"Banyak mata air menghilang karena pohon-pohon penyimpan air tidak ada, nanti kita akan koordinasi dengan pihak perhutani agar menanam pohon-pohon yang dapat menyimpan air terutama di daerah yang mengalami kekeringan," lanjutnya.

Setelah melaksanakan salat istisqo, ribuan warga juga menggelar tasyakuran dan doa bersama atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang dilaksanakan hari ini.

"Kami ucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin atas pelantikannya hari ini. Semoga bisa menjalankan amanah dengan baik dan bangsa Indonesia diberikan kesejahteraan yang maksimal," tutupnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA