Sunday, 26 Jan 2020
Temukan Kami di :
News

Polda Jateng Tingkatkan Lagi Pengamanan VVIP Pasca Insiden Penusukan Wiranto

Aisyah Isyana - 11/10/2019 11:27

Beritacenter.COM - Aksi penusukan yang menimpa Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, turut menjadi pelajaran bagi jajaran Polda Jateng. Kedepannya, Polda Jateng akan meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap tamun VVIP.

Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel menyebut pihaknya akan melakukan peningkatan pengamanan terhadap tamu VIP-VVIP. Kendati begitu, sejatinya pengamanan VVIP sudah ada standard operation procedure (SOP) sendiri.

Baca juga :

"Kami tentunya sudah memiliki standar pengamanan VVIP. Ini jadi pelajaran kita semua untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak lengah," kata Rycko di Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Jumat (11/10/2019).

Selain itu, peningkatan pengamanan juga dilakukan di markas polisi di Jawa Tengah. Terlebih, sejatinya pengamanan maximum security telah diterapkan sebelumnya.

"Sebagaimana biasanya kita laksanakan maximum security di markas komando, asrama dan personil di lapangan. Dengan kejadian ini jadi pelajaran untuk meningkatkan maximum security," jelasnya.

Wilayah Jawa Tengah sendiri merupakan daerah yang kerap dikunjungi pejabat negara, salah satunya Presiden Jokowi yang memang berasal dari Kota Solo. Dalam hal ini, Rycko menyebut jaminan keamanan untuk pejabat sudah ada dalam bentuk SOP.

"Kami sudah ada SOP, jaminan keamanan dalam bentuk SOP, keikhlasan dan komitmen kami ikuti prosedur dan upaya deteksi dini dan pemberdayaan untuk sinergi," jelasnya.

Rycko mengingatkan agar personel keamanan tak lengah dan underestimate dalam melakukan pengamanan tamu VVIP. Dia beraharap, kemampuan mengindentifikasi ancaman dapat ditingkatkan lagi.

"Imbauannya jangan lengah, jangan anggap sepele, jangan underestimate, patuh SOP dan memiliki sense of security, kemampuan identifikasi saat akan bertugas, mengenali ancaman, memahami cara bertindak, dan koordinasinya," jelas Rycko.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA