Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

Jokowi Tandatangani Perpres, Pidato Pejabat Negara di Luar Wajib Pakai Bahasa Indonesia

Indah Pratiwi - 09/10/2019 22:00

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani aturan wajib menggunakan Bahasa Indonesia. Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63/2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia.

"Perpres Nomor 63/2019 ini mengatur hal teknis implementasi seperti diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Nomor 24/2009," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dihubungi, Rabu (9/10/2019).

Adita menuturkan bahasa Indonesia merupakan bahasa kehormatan negara dan merupakan jatidiri bangsa yang sudah disampaikan dalam UU Nomor 24/2000.

"Wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara. Artinya seperti bendera dan lambang negara, Bahasa Indonesia perlu juga dibawakan oleh para pejabat negara yang mewakili Indonesia di forum-forum internasional," ungkapnya.

Perpres ini juga menyebutkan, Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam dokumen resmi negara. Selain itu Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pidato resmi Presiden, Wakil Presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri.

Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu pada 30 September 2019 oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Perpres ini menggantikan Perpres sebelumnya bernomor 16 Tahun 2010 yang diterbitkan di era SBY.

 

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA