Saturday, 26 Sep 2020
Temukan Kami di :
Opini

Membongkar Maksud Cover Tempo Dengan Ilmu Semiotik

Indah Pratiwi Budi - 09/10/2019 20:30

Beritacenter.COM - Pegiat media sosial Budiman Hakim melalui akun facebooknya menyoroti tentang cover majalah tempo yang dinilai melecehkan Presiden Jokowi.

Dalam artikel yang berjudul "Mari Belajar Semiotik" dituliskan Budiman Hakim untuk memperjelas maksud dari cover majalah tempo.

Inilah isi artikelnya :

Semiotik adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda. Sekarang mari kita lihat cover majalah ini. Ada berapa tanda yang bisa kita temukan? Kalo ada, yuk, kita cari maknanya lalu kita simpulkan ke mana tujuan akhirnya. Saya cuma akan membahas 3 tanda saja.

Pertama, wajah Jokowi jelas digambarkan sebagai orang beretnis China. Apakah ini ketidaksengajaan? Atau kesengajaan dengan tujuan tertentu? Rasanya kita gak perlu jadi jenius untuk menyimpulkannya ya.

Kedua, dari bentuk,sepatunya, Jokowi terlihat memakai sepatu merk Crocs, made in China. Pernahkah kita melihat Jokowi memakai sepatu tersebut. Yang sering kita liat mantan walikota Solo ini seringnya memakai sepatu kets, Nike.

Mungkin ada yang mau mendebat, "Kok tau itu merk Crocs? Kan gak ada tulisannya?" Ya, iyalah, kalo ada tulisannya berarti itu bukan semiotik.

Ketiga, telunjuk Jokowi mengarah ke dadanya. Bisa ditebak Itu adalah simbol dari pesan, "Gunakanlah hati nurani." Maksudnya dalam memilih perpu atau tidak perpu, Jokowi diharapkan untuk memakai hati nurani. Pertanyaannya adalah majalah ini condong ke mana? Pilih perpu atau tidak?

Setelah membahas tanda-tanda tersebut apakah kita bisa menyimpulkan framingnya? Hehehehe...Semiotik memang ilmu yang menarik.

Ps: Perppu atau perpu. Itu typo atau semiotik? Hehehe..Tauk, ah! .

Sumber : Status Facebook Budiman Hakim




Berita Lainnya

Bambang Tri, Ayo Bayar Utang...

25/09/2020 19:30 - Indah Pratiwi Budi

Akal-Akalan Gubernur DKI Dalam Kelola APBD

25/09/2020 18:00 - Indah Pratiwi Budi

"SANG PEMIMPIN HEBAT"

25/09/2020 16:00 - Indah Pratiwi Budi

INDONESIA, SURGA PARA KORUPTOR

24/09/2020 19:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA