Thursday, 02 Jul 2020
Temukan Kami di :
News

PA 212 Sebut Ninoy 'Halu' Soal Pengakuannya Kenali Pelaku Penganiayaan, Kok Bisa?

Aisyah Isyana - 09/10/2019 07:51

Beritacenter.COM - PA 212 menyebut Ninoy Karundeng mengarang cerita atau halu, terkait pengakuannya soal mengenali muka dan ciri-ciri pelaku penculikan dan penganiayaan terhadap dirinya. PA 212 menyebut keadaan jiwa Ninoy dalam trauma akibat kejadian itu.

"Saat itu keadaan jiwanya amat trauma dipukuli massa secara sehingga psikologis nggak mungkin. Kabarnya dibantu diselamatkan oleh pengurus masjid. Dalam hal ini, tanyakan saja ahlinya, yakni ahli jiwa. Jadi bisa jadi dia Ninoy membual dan 'halu' (halusinasi) atau mengarang," kata Kadiv Hukum PA 212 Damai Hari Lubis, Selasa (8/10/2019).

Baca juga :

Dalam hal ini, Damai meminta agar penyidik melibatkan ahli medis untuk menyembuhkan trauma yang dialami Ninoy. "Penyidiknya menurut saya libatkan dulu medis. Artinya, disembuhkan dulu luka-lukanya atau guncangan jiwa traumanya," jelasnya.

Dia juga menyinggung soal pemanggilan Novel Bamukmin terkait kasus Ninoy. "Buktinya rekan saya di aliansi anak bangsa dipanggil jadi saksi hanya oleh karena dia dengar ada kata habib. Faktanya penyidik menyatakan bukan habib Novel rekan saya," ujar dia.

Sebelumnya, Ninoy menepis keraguan PA 212 terkait kesaksiannya soal peristiwa penculikan dan penganiayaan yang menimpanya. Dia memastikan bahwa keterangannya kepada polisi adalah fakta yang sebenarnya terjadi dan dialaminya terkait kejadian tersebut.

"Jadi ya seperti itulah yang saya alami, saya yang mengalami, ya seperti itulah yang saya alami," jelas Ninoy seperti dilansir detik, Selasa (8/10).

Untuk itu, Ninoy kembali memastikan jika dirnya menyampaikan peristiwa yang dialaminya ke penyidik sesuai fakta sebenarnya. Meski mengaku mengenali muka dan ciri-ciri pelaku, Ninoy tak mengetahui satu persatu nama-nama pelaku.

"Saya kenali muka, tapi nama saya nggak ingat. Karena disebut 'habib', karena mereka-mereka memanggil habib dan penampilannya mencolok," lanjutnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA