Friday, 10 Jul 2020
Temukan Kami di :
Travel

Wisata Kawah Putih Dihentikan Sementara

Indah Pratiwi - 08/10/2019 10:51

Beritacenter.COM - Para wisata yang akan mengunjung ke kawasan objek wisata Kawah Putih, Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung, untuk diminta waspada. Pasalnya, sekitaran wisata kawah putih mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seluas 15 hektare sejak Senin 7 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WIB hingga hari ini, Selasa (8/10/2019) dini hari.

"Ya kami mengimbau untuk waspada. Jadi aktivitas wisata di Kawah Putih tidak ditutup tetapi diwaspadai beberapa spot saja karena ada kebakaran lahan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (8/10/2019).

Dia menambahkan, pasukan gabungan telah dibentuk untuk membantu pemadaman kebakaran di Kawah Putih. "Personel Polres Bandung diturunkan ke sana. Kewaspadaan di objek wisata Kawah Putih dimaksudkan untuk mengurangi korban terdampak," ujar dia.

Berdasarkan laporan, kebakaran hutan di Kabupaten Bandung meluas. Setelah meludeskan puluhan hektare tanaman di hutan Gunung Sadu dan Malabar, kebakaran juga melanda kawasan objek wisata Kawah Putih, Gunung Patuha, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu.

Menanggapi kejadian itu, Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman menyebutkan, saat ini pihaknya bersama BPBD Kabupaten Bandung menurunkan tim untuk memantau kebakaran di Kawah Putih, Ciwidey.

"Penanganan awal yang dilakukan dengan membuat parit dan penyiraman oleh petugas pemadam kebakaran supaya api tidak merembet," kata Budi.

Pihaknya, kata dia, telah menggelar rapat Koordinasi bersama Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, Dandim 0609 Kabupaten Bandung, BPBD Kabupaten Bandung, Perhutani, damkar, pengelola objek wisata Kawah Putih, masyarakat sekitar, dan relawan pegiat kebencanaan.

"Penanganan selanjutnya akan dilaksanakan pagi ini (Selasa 8/10/2019)," ujar Budi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA