Thursday, 13 Aug 2020
Temukan Kami di :
News

Enam Orang Diduga Provokator Demo Rusuh di Wamena Papua Diamankan

Aisyah Isyana - 23/09/2019 15:25

Beritacenter.COM - Aksi demo berujung rusuh terjadi di Wamena, Papua. Petugas gabungan TNI-Polri mengamankan enam orang yang diduga sebagai provokator demo yang berujung rusuh dan aksi anarkistis tersebut.

"Ada enam orang yang diamankan yang diduga sebagai provokator dalam aksi demo anarkistis itu," kata Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol (Inf) Chandra Dianto kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Baca juga :

Menurutnya, massa aksi demo berujung rusuh itu didominasi oleh siswa SMA. Siswa-siswa itu kemdian bergabung dengan warga melakukan aksi anarkisitis dengan membakar sejumlah fasilitas pemerintahan.

"Ada dugaan siswa-siswi SMA yang melakukan aksi demo disusupi Komite Nasional Papua Barat (KNPB), sehingga melakukan tindak anarkistis dengan membakar ruko dan kantor-kantor pemerintah," ujar Chandra.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja menyebut aksi rusuh di Wamena Papua dipicu oleh beredarnya kabar hoax terkait kata-kata rasis. Warga yangg tersulut emosinya langsung melakukan aksi demonstrasi yang akhirnya berujung rusuh.

"Di Wamena pada Minggu lalu ada isu bahwa, ada seorang guru mengeluarkan kata-kata rasis, sehingga sebagai bentuk solidaritas melakukan aksi demonstrasi atau unjuk rasa pagi tadi," kata Kapolda di Abepura, Jayapura, Papua.

Hingga saat ini, aparat Polri dan TNI sudah turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan dilokasi demo. Sejauh ini, situasi dipastikan sudah aman terkendali.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA