Tuesday, 22 Oct 2019
Temukan Kami di :
Peristiwa

Hutan dan Lahan Gunung Semeru Terbakar Hingga Kalimati

Indah Pratiwi - 19/09/2019 17:05

Beritacenter.COM - Gunung tertingg di pulau Jawa bernama Gunung Semeru mengalami terbakar di hutan dan lahan hingga berpusat pada kawasan Kalimati, atau pos terakhir sebelum pendakian ke puncak Mahameru.

Dilansir media sosia @saverindo, terlihat api membakar pepohonan. Kepulan asap terlihat membumbung tinggi sampai menutupi puncak Mahameru. Berdasarkan laporan, kebakaran hutan dan lahan Gunung Semeru ini diperkirakan mencapai 6 Ha didominasi tumbuhan bawah dan cemara gunung.

"Kebakaran yang dipublish di instagram itu tanggal 18 September 2019 pukul 16.30 WIB. Untuk saat ini Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih menghimbau para pendaki hanya sampai Ranu Kumbolo. Diharapkan teman-teman pendaki tidak memaksakan diri untuk ke Kalimati," tulis @saverindo.

Selain itu, pihak pengelola Gunung Semeru melalui akun media sosialnya, @tnbromotenggersemeru, turut menjelaskan kronologi kebakaran di gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Pihaknya menjelaskan, pada tanggal 17-18 September 2019 di RPTN Ranupani telah terjadi kebakaran hutan di blok sumber mani, blok kelik juga blok arcopodo jalur pendakian gunung semeru.

Pihak Kepala Bidang PTN Wilayah II telah mengerahkan Tim Gabungan yang terdiri dari Petugas BBTNBTS, Porter, anggota PKL, Tim Evakuasi, Masyarakat Peduli Api (MPA) Ranupani, serta para guide lokal dan relawan yang kini berada di lokasi kebakaran.

Mereka memadamkan api dengan menggunakan gepyok dan jetshooter, namun dikarenakan medan yang cukup sulit, berbukit dan terjal, petugas dan tim tetap mengutamakan keselamatan tim.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA