Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Dewi Sari - 19/09/2019 05:40


Beritacenter.COM - Minyak zaitun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun.

Minyak zaitun memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah pecah. Pohonnya sendiri bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alaminya dan hidup selama lebih dari 500 tahun.

Berikut 5 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kita.

1. Pelindung terhadap penyakit jantung

Penyakit jantung termasuk penyebab kematian paling umum di dunia, tetapi ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara Mediterania.

Salah satu alasannya, karena penduduknya rutin mencampur minyak zaitun pada makanan yang dikonsumsi. Menurut laman Healthline, sebuah penelitian bahkan menyebutkan, minyak zaitun bisa menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor bagi penyakit jantung dan kematian dini.

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin bisa mengurangi kebutuhan akan pengobatan tekanan darah hingga 48 persen. Selain itu, minyak zaitun juga dapat menurunkan peradangan, melindungi diri dari kolesterol LDL "buruk", meningkatkan lapisan pembuluh darah, serta membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga berpenyakit jantung atau faktor risiko utama lainnya, sebaiknya masukkan minyak zaitun alami ke dalam makanan atau bahan masakan.

2. Mencegah stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak seseorang, baik karena darah yang menggumpal atau pendarahan.

Di negara maju, stroke merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan pada 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung.

Seseorang yang mengonsumsi minyak zaitun juga disebut memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsi.

3. Cegah alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Salah satu penyebabnya karena penumpukan yang disebut plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak.

Zat dalam minyak zaitun disebut dapat membantu menghilangkan plak-plak tersebut dan memiliki manfaat bagi otak.

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin juga bisa mengontrol kadar gula darah dan sensitivitas insulin di tubuh.

Dengan rajin mengonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari 40 persen.

5. Mengobati rheumatoid arthritis

Artritis reumatoid adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan persendian cacat dan nyeri.

Meskipun belum diketahui apa penyebab pasti penyakit yang melibatkan sistem kekebalan tubuh ini, tapi dengan rajin mengonsumsi suplemen minyak zaitun bisa mengurangi stres oksidatif pada seseorang yang terindikasi memiliki penyakit rheumatoid arthritis.

Apalagi jika penggunaannya dikombinasikan dengan minyak ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3. Mengonsumsi minyak zaitun dan minyak ikan secara rutin bisa meningkatkan kekuatan genggaman tangan, nyeri sendi, dan kekakuan di pagi hari pada orang-orang berpenyakit rheumatoid arthritis.

 




Berita Lainnya

Benarkah Air Leman Mempu Turunkan Berat Badan

16/10/2019 13:55 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA