Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
News

Polda Papua Tangkap Ketua KNPB Terkait Kerusuhan di Jayapura

Aisyah Isyana - 18/09/2019 08:55

Beritacenter.COM - Tim gabungan Polda Papua menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Agus Kossay. Bestatus tersangka, penangkapan terhadap Agus Kossay dilakukan lantaran dugaan sebagai dalang kerusuhan di Jayapura, Papua, bebera waktu lalu.

Selain itu, Agus juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua. "Dia ditangkap di kawasan Hawaii, Sentani, Selasa 17/9/2019) sekitar pukul 18.00 oleh tim gabungan," katar Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja, di Mapolda Papua, Rabu (18/9/2019).

Rudolf menyebut penangakapan terhadap Agus Kosay dilakukan saat dirinya tengah melintas dengan sepeda motornya, berboncengan dengan rekannya, Dony Itlay, di kawasan Jalan Raya Sentani-Abepura di Kabupaten Jayapura.

"Mereka juga menggunakan sepeda motor hasil curian," ujarnya.

Dony Itlay yang juga merupakan anggota KNPB, turut diamankan saat membonceng Agus Kosay dan melintas dilokasi. "Dony Itlay sama-sama dari anggota KNPB. Dia terlibat dalam aksi-aksi yang terjadi di Jayapura," kata Rudolf.

Rudolf menyebut proses penegakan hukum terkait kerusuhan di Jayapura, Papua, akan terus dikembangkan, meski Ketua KNPB telah ditangkap.

"Kami akan mencari dan akan mengembangkan terus, siapa pelaku-pelaku kerusuhan di Papua dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, siapa pun dia," tuturnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian sempat menyebut ada sejumlah organisasi yang melatarbelakangi kerusuhan di Papua Barat. Dua di antaranya adalah United Liberation Movement for West Papua ( ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat ( KNPB).

"ULMWP dan KNPB bertanggung jawab atas kejadian ini. Mereka yang produksi hoaks itu," ujar Tito saat berkunjung ke Jayapura, Papua.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA