Friday, 03 Jul 2020
Temukan Kami di :
News

Gubernur DKI Keruk Sungai - Waduk di Jakarta Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Dewi Sari - 14/09/2019 14:17

BeritaCenter.COM - Untuk mengantisipasi banjir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa pemerintahan telah melakukan pengerukan dan pembersihan di setiap waduk dan sungai yang ada dijakarta. 

"Kalau dari sisi pemerintah DKI, kita bekerja sepanjang tahun. Jadi kegiatan untuk pengerukan sungai kemudian pembersihan sungai, pembersihan waduk, pengerukan waduk itu dilakukan sepanjang tahun," kata Anies di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019).

Dia menyebutkan, bahwa pengerukan waduk dan sungai dilakukan pada saat musim kemarau . Karena untuk mengantisipasi volume air yang naik pada saat hujan turun.

"Dengan cara seperti itu justru pada saat surut itulah kesempatan untuk bekerja melakukan pengerukan karena jauh lebih mudah pada saat surut," tuturnya.

Anies menuturkan, soal pengerjaan waduk di daerah Jakarta dan Bogor terkendala karena ada pembebasan lahan.

"Waduk kita menunggu dari pemerintah pusat, karena waduk itu dari pemerintah pusat. Saya dengar mereka mundur waktunya, jadi yang seharusnya diselesaikan akhir tahun ini saya dengar laporan dari Kementerian PUPR bahwa belum selesai sesuai jadwal karena ada kendala pembebasan lahan di sana," ujar Anies.

Anies mengatakan, bahwa jakarta membutuhkan waduk tersebut agar segera terbangun. Tapi, karena pembangunan tersebut di pegang oleh PURN maka Anies hanya monitoring berjalannya proses pembangunan tersbut.

"Jakarta berkepentingan sekali untuk program pembangunan waduk itu selesai segera. Tapi karena pembangunan itu bukan di tangan kami, itu adalah pembangunan oleh PUPR, jadi kita monitoring dekat dengan PUPR," kata Anies.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA