Sunday, 17 Nov 2019
Temukan Kami di :
News

Polri Ungkap Dugaan Penyebab Gudang Mako Brimob Jateng Meledak

Dewi Sari - 14/09/2019 13:31

Beritacenter.COM - Sebuah gudang di Mako Brimob Polda Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah meledak hingga terbakar pada Sabtu (14/9) pukul 07.00 WIB. Menanggapi hal itu, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi mengatakan kebakaran dipicu adanya suhu panas dari gudang yang menyimpan bahan peledak sisa - sisaan peninggalan perang dunia ke dua.

“Informasi yang saya dapat memang bom-bom sisa peninggalan perang dunia kedua itu adalah bom-bom yang cukup tua kemudian memiliki tingkat sensitivitas cukup tinggi. Bisa dipicu oleh udara yang panas bisa menjadi salah satu pemicu ledakan," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019).

Baca Juga : Gudang Bahan Peledak Mako Brimob Terbakar, Satu Orang Terluka

Dedi mengatakan pihaknya akan melakukan pihaknya akan melakukan pengecekan lebih lanjut ke tempat kejadian perkara terlebih dahulu oleh tim penjinak bom (jibom).

"Untuk hasil secara scientific apa yang menjadi faktor penyebab ledakan tersebut nanti dari jibom (penjinak bom) akan mengecek dan tim dari Inafis," ucapnya.

Lebih lanjut, Dedi saat ini masih memfokuskan melakukan pendinginan terhadap beberapa handak yang masih mungkin belum meledak.

"Kemudian yang berikutnya melakukan pendataan kembali apa yang jadi kerusakan pada ledakan tersebut sambil menunggu tim jibom dari Polri hari ini sudah terbang ke Jawa Tengah untuk melakukan penjinakan. Kemudian melakukan sterilisasi, dan kemudian apabila masih ditemukan handak-handak yang cukup berbahaya langkah selanjutnya akam dilakukan disposal. Disposal tersebut tentunya sangat tergantung oleh situasi dan aspek keamanan," ujarnya.

 




Berita Lainnya

Ini Nama Cucu Baru Presiden Jokowi

15/11/2019 22:11 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA