Wednesday, 23 Oct 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Dominan Jalur Laut, BNN: Ada 30-40 Kg Sabu Masuk ke Sulteng Tiap Bulan

Aisyah Isyana - 14/09/2019 05:55

Beritacenter.COM - Peredaran narkoba jenis sabu di Sulawesi Tengah (Suleng) terpantau mengalami peningkatan. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut penyelundupan sabu di Sulteng mayoritas dilakukan pelaku melalui jalur laut.

"80 persen narkoba masuk di Sulteng itu lewat jalur laut, dan dari beberapa bandar yang sudah kita tangkap saat dimintai keterangan bisa disimpulkan peredaran pada setiap bulan sampai 30-40 kilogram narkoba jenis sabu sabu," kata Kepala BNN Sulteng Brigadir Jenderal Siyono, Jumat (13/9/2019).

Baca juga :

Guna mempersempit ruang gerak para penyelundup sabu, BNN berkoordinasi dengan Bea Cukai, TNI AL, Polairud, dan pengelola pelabuhan guna melakukan pemantauan. Menurutnya, jalur masuk penyelundupan narkoba kerap dilakukan di Donggala, Tolitoli dan Morowali.

Siyono juga menyinggung soal pengendalian narkoba oleh narapidana dari dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Dalam hal ini, BNN membuat MoU dengan Kemenkumham untuk dapat bekerjasama dalam mengungkap jaringan busuk narkoba para napi tersebut.

"Ya kita susah juga, banyak napi yang masih menggunakan telepon genggam, sementara saat kita akan melakukan pengungkapan yah harus melakukan strategis teknologi, namun harus pamit dulu ke Kemenkumham supaya tidak melanggar aturan," tuturnya.

Dia menambahkan, peredaran narkoba di wilayah Sulteng yang berhasil diungkap sejak 2018 hingga September 2019 mencapai Rp. 21.247.121.760 atau Rp 2 miliar rupiah. Kasus-kasus yang diungkap BNN dominan terkait narkoba jenis sabu.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA