Wednesday, 23 Oct 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Indonesia dan Malaysia Saling Protes Soal Ngebulnya Kabut Asap

Indah Pratiwi - 13/09/2019 09:14

Beritacenter.COM - Tebalnya kabut asap di Pekanbaru diketahui makin sangat parah. Hari demi hari jarak pandang terus menurun drastis yang sangat membahayakan kesehatan masyarakat.

Bahkan pekatnya kabut asap dari Indonesia sampai ke negara tetangga, Malaysia juga turut terkena kabut asap dan langsung melayangkan protes ganti rugi.

Pembakaran lahan di sejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan terjadi lagi. Pemerintah Malaysia meminta agar Indonesia membayar ganti rugi atas asap kebakaran hutannya yang menimbulkan jerebu (kabut asap) di Malaysia

"Sampai mereka menderita secara ekonomi, mereka tidak akan menganggap serius keluhan kami," kata Wakil Menteri Negara Bagian Sarawak, Malaysia, Tan Sri James Masing, yang dilansir Malay Mail, Rabu (11/9).

Tebalnya kabut asap di Pekanbaru berdampak ke negara tetangga Malaysia yang membuat pemerintah Jiran itu meliburkan ratusan sekolah.

Kementerian Pendidikan Malaysia memerintahkan untuk menutup sekolah di Negara Bagian Sarawak setelah kualitas udara di sana dikabarkan menjadi "sangat tidak sehat", yaitu antara 201-300 pada indeks kualitas udara.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya akan melayangkan surat protes ke Malaysia atas tudingan bahwa Indonesia jadi penyebab munculnya asap di Malaysia.

“Saya akan menulis surat kepada Dubes untuk diteruskan kepada menterinya. Jadi saya kira supaya yang betul datanya. Karena apa? Karena pemerintah Indonesia betul-betul secara sistematis mencoba menyelesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Tetapi memang harus jelas sumber dari mana, data dari mana. Polanya seperti apa,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/9/2019).

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA