Tuesday, 22 Oct 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

NASA Temukan Lagi Planet Yang Memiliki Kandungan Uap Air Mirip Bumi

Indah Pratiwi - 13/09/2019 07:32

Beritacenter.COM - Hubble Space Telescope milik Badan Antariksa Amerika Serikat(NASA) telah menemukan exoplanet dengan uap air yang berada di zona layak huni bintangnya. Exoplanet itu dibernama K2-18b.

Dilansir Engadget, Jumat (13/9/2019), exoplanet K2-18b berada di luar tata surya. Dengan atmosfer planet mengandung uap air dan terletak di zona layak huni yang memungkinkan ada air cair yang terletak di permukaan.

Exoplanet K2-18b dikenal sebagai planet super-Earth. Artinya, itu lebih besar dari Bumi dan juga mempunyai kepadatan permukaan yang lebih besar. Planet K2-18b adalah satu-satunya exoplanet yang diketahui mengandung air dan suhu berada dalam kisaran diperlukan untuk mendukung kehidupan di permukaan.

Namun sayangnya, Exoplanet K2-18b berada di terletak sekitar 110 tahun cahaya dari bintang. Walau berada di zona layak huni dengan atmosfer, NASA mencatat exoplanet kemungkinan mengalami radiasi energi jauh lebih tinggi dibanding Bumi. Artinya, planet itu pada akhirnya dapat bermusuhan dengan kehidupan.

Berdasarkan laporan NASA, ilmuwan menggunakan laporan Hubble pada exoplanet dari 2016 hingga 2017 dengan menggunakan algoritma open-source untuk mempelajari atmosfer super-Earth. Planet tersebut ditemukan zat helium dan hidrogen, ada kemungkinan atmosfer K2-18b mengandung metana serta nitrogen.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA